www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Bupati Siak Sebut Ada 5 Kunci Reformasi Birokrasi Untuk Kesuksesan Suatu Daerah
Rabu, 16-08-2017 - 08:03:24 WIB

TERKAIT:
   
 

Siak (Beritaintermezo.com)-Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si mengatakan, sebagai daerah yang sukses dalam melaksanakan reformasi birokrasi, ada 5 kunci dari keberhasilan reformasi birokrasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, saat menjadi narasumber seminar Internasional dengan Tema “Penguatan Kapasitas Birokrasi Administrasi Publik Dalam Penyelenggaraan Lembaga Lokal,” di Ballroom, Grand Suka Hotel Pekanbaru, Selasa (15/8/17).

Pertama, komitmen kepala daerah. Kedua, dasar hukum yang kuat dalam melaksanakan kebijakan perubahan sistem tata kelola pemerintahan yang baik berupa Peraturan Daerah maupun Peraturan Kepala Daerah. Ketiga, dukungan dari pihak internal dan masyarakat atas kebijakan perubahan tata kelola pemerintahan. Keempat, inisiatif internal berupa kebijakan dan inovasi perubahan sistem tata kelola pemerintahan. Kelima, pengawasan internal terhadap pelaksanaan tugas staff.

Bupati Siak juga mengatakan, ada 3 Prioritas Nasional Reformasi Birokrasi. Pertama, Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019. Kedua, penerapan standar pelayanan publik dan sistem informasi perizinan. Ketiga, peningkatan disiplin dan pengawasan kinerja dan administrasi keuangan.

Lanjutnya, sistem pelayanan perizinan yang ada di Kabupaten Siak yaitu dengan adanya Pemberian Perizinan Online, dimana seseorang bisa menandatangani berkas perizinan dimana saja melalui sistem online.

“Untuk saat ini baru ada 2 kabupaten yang melaksanakan sistim perizinan ini, yaitu Kabupaten Siak dan Kabupaten Sidoarjo. Juga ada sistem perbaiki jalan hanya melalui SMS, jadi masyarakat cukup mengirim SMS yang berisi lokasi jalan yang rusak ke dinas terkait dan akan langsung diperbaiki,” kata Bupati Siak.

Intinya kata Bupati Siak, jika ingin mewujudkan sistim pemerintahan yang baik, harus didukung oleh reformasi birokrasi yang baik pula.

Sementara itu, Ketua Indonesian Association for Publik Administrasion (IAPA) Sumatera Tengah, Prof. H. Sujianto mengatakan, alasan isu itu diambil karena saat ini masyarakat disuguhkan oleh birokrasi asing, meskipun birokrasi itu sudah ada sejak zaman Belanda.

“Mari kita lihat di Provinsi Riau, Indonesia kita memliki sistem administrasi yang unik, contohnya Kerajaan Siak memilik struktur demokrasi yang sangat sederhana. Kenapa begitu, karena sampai hari ini struktur demokrasi kita sangat panjang, mulai dari Presiden, Bupati, Walikota, Camat dan Kepala Desa dan lain-lain. Sementara di Siak, memiliki struktur demokrasi Sultan, Datuk bendahara dan penghulu. Jadi, struktur demokrasi pada masa pemerintahan Kerajaan Siak itu singkat dan tidak bertele dan di dalam pemerintahan Kerajaan Siak itu hanya memiliki tiga unsur yakni unsur pemerintahan, unsur agama dan unsur budaya,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Ketua IAPA Pusat Prof. Eko, Ketua IAPA Sumatera Tengah Prof. H. Sujianto dan Koordinator Prodi Ilmu Administrasi Publik Fisip Universitas Riau Dadang Manshur.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan dari negara tetangga, yaitu Prof. Datuk Zainal Abidin Burhan (University Malaya, Malaysia), Dr. Gamal Zakaria (Senior Lecturer University of Brunei Darussalam), Nola Fibriyani, M.Pd (Head Muamalat School Muhammadiyah Islamic College Singapore).(roy p)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Siak Sebut Ada 5 Kunci Reformasi Birokrasi Untuk Kesuksesan Suatu Daerah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica