www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Cagub Nomor Empat Garap Wilayah Pesisir Sebagai Pusat Perikanan
Kamis, 22-03-2018 - 08:19:51 WIB

TERKAIT:
   
 

Bengkalis (Beritaintermezo.com)-Program peningkatan perekonomian yang telah dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk wilayah Pesisir, mulai dirasakan oleh masyarakat. Yakni dengan menjadikan wilayah pesisir sebagai pusat perikanan.

Untuk itu kedepan pemerintah akan terus mengembangkan wilayah pesisir sebagai pusat perikanan. Caranya dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan modal bagi para nelayan melalui program yang ada di dinas terkait.

Program peningkatan perekonomian bagi masyarakat tersebut disampaikan oleh calon Gubernur Riau, nomor urut empat  Arsyadjuliandi Rachman kepada masyarakat Sei Pakning Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Rabu (21/3/2018).

"Kita sudah memulai program-program untuk kesejahteraan masyarakat. Untuk wilayah yang berada di pesisir kita sudah menggarapnya dengan memanfaatkan garis pantai yang panjang ini. Terutama Bengkalis menjadikan pusat perikanan. Kita mendorong masyarakat untuk membudidayakan perikanan laut," kata Andi Rachman.

"Ini sangat penting kita tingkatkan, mengingat Bengakalis ini dulu terkenal dengan perikanannya saat masih bersama Bagan. Bengkalis harus terus menjadi penghasil ikan," tambah Andi.

Lebih jauh dikatakan Andi Rachman, Pemprov Riau bahkan sudah bekerjasama dengan pihak Kementerian dalam hal peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan didirikannya sekolah perikanan.

"Sekolah ini diisi oleh pelajar-palajar dari Riau. SDM yang handal inilah yang nantinya akan mengembangkan perikanan yang ada di laut Riau," ungkapnya.

Selain perikanan, industri-industri yang ada di Kota Dumai dan Bangkalis serta daerah lainnya bisa bersinergi dengan memanfaatkan pelabuhan-pelabuhan di Bengkalis.

"Jadi sangat penting bagi kita bersinergi dengan daerah lain seperti pelabuhan yang ada di Dumai, bisa dimanfaatkan. Kita juga telah menyiapkan pelabuhan di Bengkalis ini. Termasuk Roro yang baru. Ini semua untuk peningkatan perekonomian di wilayah pesisir," kata Andi Rachman.

Pada kesempatan tersebut, Andi Rachman, juga menyampaikan, saat perjalanan dari Dumai menuju Pakning, ia melihat ada 5 titik ruas jalan tersebut rusak. Walaupun jalan tersebut sudah dibangun oleh Pemprov Riau pada tahun tahun  sebelumnya.

Namun, banyaknya truk-truk bertonase besar yang melalui jalan lintas Dumai-Pakning, menyebabkan jalan mudah hancur. Untuk itu ia akan segera mencari jalan keluar bagaimana agar jalan ini bisa tetap bagus. Salah satunya dengan meminta kepada pihak perusahaan yang ada di Dumai dan Bengkalis ikut serta membangun.

"Kita akan segera perbaiki jalan ini, saya melihat langsung ada lima titik yang rusak. Dan sepanjang jalan saya melihat truk CPO dan Sawit melewati jalan ini, tonasenya mencapai 20 ton sampai 40 ton," tegas Andi.

"Dan saya lihat platnya pun bukan plat BM, tapi dari luar, ada yang BK, BA dan lainnya. Nah inilah nantinya kita dorong kepada pihak perusahaan agar ikut mengganti plat mereka ke BM. Dari pajak mereka ini lah kita kembali akan membangun jalan ini lebih baik lagi. Yang jelas jalan ini segera kita perbaiki," tambah Andi. (rls)



 
Berita Lainnya :
  • Cagub Nomor Empat Garap Wilayah Pesisir Sebagai Pusat Perikanan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica