www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Jadikan Budaya Melayu Riau Pelajaran Mulok, Plt Gubri Temui Mendikbud
Rabu, 23-05-2018 - 08:30:29 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Drs H. Wan Thamsir Hasyim langsung menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy terkait dengan Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) untuk lembaga pendidikan formal di daerah ini, Selasa (22/5/2018).

Mulok tersebut diharapkan dapat dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 ini, diluncurkan 25 Juni 2018.

Plt Gubernur didampingi Asisten I Ahmadsyah Harrofie dan Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al azhar. Selain itu terlihat juga Kepala Dinas Kebudayaan Yoserizal Zen, Kepala Dinas Pendidikan Indra Agus, anggota Dewan Pendidikan Riau Dr Junaidi, budayawan Taufik Ikram Jamil, dan sejumlah birokrat.

Menurut Plt Gubri Wan Thamrin, pelaksanaan Mulok BMR Riau sudah lama dirancang. Hal ini terkait dari sudah dipersiapkannya kurikulum, peraturan daerah, dan peraturan gubernur. Tinggal lagi belum terdaftar sebagai Mulok di Kendikbud. Selain itu juga berkaitan dengan bagaimana guru jam mengajar Mulok BMR diakui sehingga menjadi bahan nilai untuk sertifikasi.

Diperoleh keterangan, untuk didaftarkan dalam kurikulum Mulok di Kemendikbud sudah dilakukan tiga tahun lalu. Tapi sampai sekarang belum ada khabar beritanya. Waktu itu, pendaftaran dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau, sedangkan sekarang langsung ditandatangani oleh pejabat nomor satu di Riau, Plt Gubernur Riau.

Mendikbud Muhadjir menyambut baik kedatangan dan maksud Plt Gubri maupun rombongan. Malahan ia menyarankan agar Mulok BMR juga diberikan dalam bentuk ekstrakurikuler, tidak hanya sebagai mata pelajaran.

"Malahan di ekstrakurikulker akan memiliki waktu lebih banyak," katanya seraya menambahkan Mulok diatur dalam sistem pendidikan nasional dan diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah.

Mengenai penilaian jam pelajaran sehingga diakui untuk sertifikasi guru, menurut Menteri Muhadjir, tidak relevan lagi dikaitkan dengan Mulok. Sebab segera keluar peraturan pemerintah yang tidak menjadikan jumlah jam mengajar 24 jam sebagai syarat untuk sertifikasi.

Memang akan ada kewajiban mengajar 18 jam. "Yang pokok, guru delapan jam di sekolahnya yang dapat melakukan berbagai kegiatan atas arahan kepala sekolah," katanya. Dia menambahkan, kepala sekolah adalah manager yang harus mampu mengatur guru agar dapat berkarya sebaik-baiknya.

Ia menyarankan, akan lebih baik apabila Pemprov Riau menyediakan dana khusus untuk guru yang mengajar Mulok BMR, sehingga akan lebih merangsang guru untuk mengajar.

Ini sejalan dengan keinginan Riau menjadikan daerah ini sebagai pusat kebudayaan Melayu dalam kawasan Asia Tenggara tahun 2020.(jin)



 
Berita Lainnya :
  • Jadikan Budaya Melayu Riau Pelajaran Mulok, Plt Gubri Temui Mendikbud
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica