www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
SPS Riau Visit Media ke Bali Post, Diskusikan "Riau Menyapa Dunia" dan Perkembangan Media Lokal
Kamis, 26-04-2018 - 15:35:48 WIB

TERKAIT:
   
 

Bali (Beritaintermezo.com)-Rombongan Serikat Perusahaan Pers (SPS Riau), selain mengikuti acara World Association of Newspaper and News Publishers (WAN IFRA) Asia 2018 Bali, juga melakukan media visit ke Bali Post di Kepundung, Denpasar, Kamis (26/4/2018).


Rombongan diterima managemen Bali Post yang dipimpin I Nyoman Wirata, Pemimpin Redaksi Bali Post yang juga Ketua SPS Provinsi Bali. Sementara dari SPS Riau hadir antara lain Ketua SPS Riau H Zulmansyah Sekedang, Wakil Ketua Saidul Tombang, Novrizon Burman, Maskur, Wakil Sekretaris Khairul Amri, Alex Nahesi Harefa, M Erizal, Bunyana serta Bendahara Oberlin Marbun, Wakil Bendahara Abu Nazar, Freddy Gultom, Tommy Ganih, Freshia Refani, Adi Muhardi dan Mella. Ikut hadir Dewan Pertimbangan SPS Riau H Yurmalis Khatib, Zufra Irwan, dan Tun Akhyar.

Ada dua agenda utama yang didiskusikan dalam media visit tersebut, yakni bagaimana media terlibat dalam mengembangkan pariwisata lokal dan bagaimana perkembangan media massa lokal dalam lima tahun terakhir.
  
"Soal mengembangkan pariwisata daerah, kami ingin tahu bagaimana dukungan media massa lokal. Apalagi saat ini di Riau tengah diprogramkan 'Riau Menyapa Dunia', sebuah program pariwisata untuk mendatangkan wisatawan lokal ke Riau," kata Zulmansyah.

Menurut I Nyoman Wirata, media massa lokal tentu berperan penting. Bukan hanya mempublikasi dan mempromosikan keunggulan wisata daerah semata, tetapi juga sikap dan keberpihakan media juga sangat penting.

"Kalau Bali Post sikapnya sangat berpihak bagi kepentingan masyarakat Bali. Pariwisata Bali oke, tapi lebih penting manfaat pariwisata itu untuk masyarakat Bali," kata Wirata.

Nah, kalau Riau saat ini memrogramkan Riau Menyapa Dunia, pastikan dahulu apakah masyarakatnya, pelaku usaha dan stakeholder lainnya, serta infrastrukturnya, sudah disiapkan untuk menyukseskan program Riau Menyapa Dunia.

"Saran saya, kelola satu objek wisata unggulan sebagai pilot project agar fokus. Kalau sukses, baru objek wisata lainnya dikembangkan secara masif," ungkap Wirata.

Sementara itu, menyangkut perkembangan media lokal di Bali, Wirata menjelaskan memang ada pertambahan media lokal, terutama media siber.

Biasanya media siber ini bertambah karena ada wartawan senior yang pensiun, atau ada wartawan yang ingin mandiri, lalu membuat media siber. "Begitulah pertambahan media di Bali. Kalau media yang mati atau berhenti operasi, rasanya tidak ada dalam lima tahun terakhir ini," ungkap Wirata.

Media lokal tetap berkembang di Bali, karena Pemprov Bali serta Pemko/Pemkab se-Bali juga ikut membantu. Salah satu caranya dengan menganggarkan biaya iklan dan biaya kerjasama publikasi dengan media lokal.(om)



 
Berita Lainnya :
  • SPS Riau Visit Media ke Bali Post, Diskusikan "Riau Menyapa Dunia" dan Perkembangan Media Lokal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica