www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
6 Finalis UIR Presentasikan Usaha di EA 2019 LLDIKTI X Sediakan Hadiah Rp 110 Juta
Sabtu, 26-10-2019 - 09:15:59 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Universitas Islam Riau menempatkan enam finalisnya di lomba Enterpreneurship Award (EA) III Tahun 2019 yang berlangsung di STT Ibnu Sina Batam. EA yang melingkupi empat provinsi (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri) diikuti 25 finalis yang terbagi ke dalam dua kategori. Yakni usaha sedang berjalan dan bisnis plan yang dikelola mahasiswa. Menurut Pengarah EA III Prof Dr Musliar Kasim, MS finalis ini adalah yang terbanyak dalam EA III.

Ke-18 mahasiswa tersebut adalah Seskia Dilla Annisa, Suci Asri Ramadhani, Aulia Furqan, Vadella Zumarlin, Nursantika Sari mengelola bisnis Happy Crispy Snacks. Dian Tirta, Johan Ramadhan, Rizal Putratama (A Plus Course), Melani Nur Indah Sari, Salsa Afni Yudha, Mala Kartika (Bolpikju), Rismauli, Yunita Nurul Khusna (Tas Rajutan Homemade), Cindy Debora, Tia Agnesa (Combie Coffee), Agnesia Yustika Siburian, Nurafifah Zahara dan Arif Rahman (Budidaya Kelinci Swaper).

Entrepreneurship Award merupakan kompetisi kewirausahaan yang melewati serangkaian proses penilaian ide-ide bisnis dan usaha berjalan yang dimiliki mahasiswa. Kompetisi ini telah dimulai sejak Februari dan berakhir Oktober. Para pemenang akan memperoleh hadiah sebesar Rp 110.000.000 sebagai bantuan pembinaan kewirausahaan.

Menurut Musliar Kasim, EA III tak jauh berbeda dengan EA I dan II. Cuma ada sedikit perbaikan untuk penyempurnaan pelaksanaan kegiatan. Tapi yang menggembirakan adalah jumlah peserta. EA I diikuti 76 peserta terdiri dari 45 orang untuk bisnis plan dan 31 bisnis berjalan. EA II yang berlangsung di Universitas Islam Riau diikuti 214 peserta (173 bisnis plan, 41 bisnis berjalan). Tahun 2019 terjadi kenaikan yang luar biasa, peserta yang ikut berpartisipasi mencapai 623 orang meliputi 545 bisnis plan dan 78 bisnis berjalan.

''Secara khusus saya memberi apresiasi kepada UIR yang cukup banyak mengirim mahasiswa ke EA dan terbanyak pula masuk ke final,'' kata Musliar Kasim di Batam, Jum'at siang (25/10 2019).

Musliar mengatakan, diantara penyebab meningkatkannya jumlah peserta pada EA III ialah karena kegiatan ini telah tersosialisasi secara baik. Bahkan sosialisasi dilakukan sejak EA II baik melalui media cetak, elektronik, online maupun dari mulut ke mulut di kampus. ''Saya amati mahasiswa mendapat pengalaman luar biasa dalam kompetisi ini. Baik pengalaman mempresentasikan bisnis yang mereka kelola maupun pembelajaran lain. Bagi mahasiswa yang belum pernah naik pesawat atau nginap di hotel mereka punya kebanggaan sendiri karena mendapat undangan LLDIKTI,'' ujar Musliar Kasim.

Teroisah, Wakil Rektor III Universitas Islam Riau Ir H Rosyadi juga mengapresiasi 18 mahasisweanya yang terpilih sebagai finalis. Ia menyatakan, pihaknya memang sudah lama mempersiapkan mahasiswa untuk berkompetisi secara maksimal di EA III. Ini bukan soal total hadiah yang menurut Rosyadi cukup besar melainkan mendorong mahasiswa supaya mereka berani tampil sebagai wirausaha muda.

''Kita juga berupaya mengubah mindset mahasiswa agar setelah tamat kuliah orientasinya tidak lagi menjadi pegawai negeri tetapi menekuni usaha. Pegawai negeri atau pegawai swasta peluangnya sangat terbatas. Maka, kita dorong mereka menjadi entrepeneurs muda sehingga selesai kuliah mahasiswa bisa langsung berusaha,'' kata Rosyadi didampingi Karo Keuangan Azwirman, Karo BAAK Akmar Efendi dan Kepala BHE Ardiansyah di EA III Batam.***(rls)



 
Berita Lainnya :
  • 6 Finalis UIR Presentasikan Usaha di EA 2019 LLDIKTI X Sediakan Hadiah Rp 110 Juta
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica