www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
PT CPI Bangun Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya Riau di Komplek LAM Riau
Selasa, 17-11-2020 - 07:45:20 WIB
Pembacaan doa setelah peletakan batu pertama pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya di LAM Riau.  Berdiri di baris depan dari kiri ke kanan,  Syahril Abu Bakar Ketua Umum DPH LAMR,  Haryanto Syafri
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Gubernur Riau Syamsuar Senin (16/11/2020) menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya di area gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya yang merupakan program kolaborasi SKKMigas, PT. Chevron Pacific Indonesia dan LAM Riau tersebut akan berisi 12 kios terintegrasi untuk memamerkan hasil kerajinan dan makanan khas dari 12 kabupaten/kota di Riau. Setiap kabupaten/kota juga dapat menampilkan pertunjukan seni dan budaya Melayu di atas sebuah panggung yang akan disediakan di lokasi tersebut.

Dalam sambutannya Gubernur Riau menyampaikan yakin dan percaya kedepan ekonomi kreatif ini juga akan menjadi pilar yang besar dalam menyangga ekonomi Provinsi Riau.

"Kita tidak bisa selalu bertumpu pada Minyak dan Gas saja, kita tidak bisa selalu merasa nyaman dengan apa yang telah kita terima masa kini, harus ada penetrasi roda penggerak ekonomi baru agar pembangunan bisa dilakukan secara berkelanjutan di masa yang akan datang. Kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam, mengandalkan pertanian, mengandalkan industri, mengandalkan teknologi informasi, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif," jelas Syamsuar.

Diperlukan keberpihakan semua pihak terkait, untuk memberikan kesempatan, dukungan dan apresiatif terhadap pelaku industri kreatif di Provinsi Riau dalam menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk industri kreatif.

"Untuk itu perlu kolaborasi dan sinergi dari berbagai unsur dan elemen masyarakat, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau bekerjasama dengan SKK Migas-PT. Chevron Pacific Indonesia (PT.CPI)," lanjutnya.

Pada kesempatan ini hadir juga, Pjs. Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Hariyanto Syafri, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR Datuk Seri Al Azhar dan General Manager Corporate Affairs Asset Sukamto Tamrin.

Pjs. Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Haryanto Syafri menyampaikan bahwa SKK Migas dan KKKS PT CPI berkomitmen untuk ikut melestarikan kebudayaan melayu Riau dan peningkatan ekonomi di Provinsi Riau melalui pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya Riau dikawasan Lembaga Adat Melayu Riau.

"Dengan adanya pembangunan fasilitas yang diprakarsai oleh SKK Migas dan KKKS PT CPI ini apat bermanfaat bagi seluruh masyarakat terutama untuk peningkatan ekonomi serta dapat menjadi sarana melestarikan budaya melayu di Provinsi Riau," ujar Haryanto.

Kolaborasi ini memperkuat kemitraan jangka panjang PT CPI dengan masyarakat Riau khususnya Pemerintah Indonesia. Selama lebih dari 95 tahun, PT CPI menjadi bagian takterpisahkan dari sejarah perkembangan wilayah maupun masyarakat Riau.

"Kami berharap bangunan ini memiliki nilai strategis untuk pengembangan ekonomi kreatif dan pelestarian budaya Melayu di Riau. Dengan pengelolaan yang baik dan berkelanjutan, fasilitas ini diharapkan menjadi salah satu ikon destinasi wisata dan sentra pengembangan UMKM di Provinsi Riau," kata Sukamto.

Sektor ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk terus tumbuh karena bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini, keragaman kekayaan seni dan budaya, maupun masuknya sektor ini sebagai salah satu prioritas dalam rencana pengembangan ekonomi nasional. Selain itu, ekonomi kreatif merupakan salah satu dari sepuluh sektor utama penopang perekonomian Indonesia dan salah satusektor yang paling banyak menyerap tenagakerja.

Program pemberdayaan ekonomilokal selaras dengan fokus program-program investasi sosial yang dijalankan oleh PT CPI selama ini. Tujuan ang ingin dicapai adalah menciptakan kemandirian melalui semangat kewirausahaan. Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi fokus program investasi sosial PT CPI adalah kesehatan, pendidikan dan pelatihan, serta lingkungan.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia.***



 
Berita Lainnya :
  • PT CPI Bangun Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya Riau di Komplek LAM Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica