www.beritaintermezo.com
15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling | 10:13 WIB - Pemprov Riau Ajukan Bantuan 6 Helikopter Water Bombing
Saborigin Bersama HIKMAT Riau Komplek Obati Kerinduan Kampung
Selasa, 06-08-2019 - 07:31:20 WIB

TERKAIT:
   
 

Pelalawan (Beritaintermezo.com)-Untuk mengenal dan melestarikan adat istiadat kampung halaman, Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali mengadakan Saborgin Bersama HIKMAT atau Semalam Bersama Hikmat. Kegiatan tersebut diadakan di Food Court Riau Kompleks.

Sekretaris Forum Pembaruan Kebangsaan Pelalawan Teuku Nasar mengatakan kegiatan yang diadakan HIKMAT sangat bermanfaat.  Melalui kegiatan ini, para warga bisa mengenal berbagai macam budaya yang ada kepada generasi muda karena itu sebuah keharusan. Agar budaya asal nenek moyang tidak tergerus dimakan zaman.

“Saat ini, ada 32 paguyuban di Pelalawan dan sampai sekarang masih berdampingan, tidak ada konflik, kita selalu aman dan damai. Hal inilah yang harus dijaga oleh kita semua demi kenyamanan hidup bersama. Kami pun apresiasi kepada RAPP atas dukungan yang diberikan untuk melestarikan budaya bangsa,” tutur Teuku Nasar.

Ia menilai, ramainya warga Riau Kompleks yang menghadiri acara HIKMAT  merupakan bentuk keragaman yang ada di kompleks perusahaan pulp dan kertas ini. Banyaknya suku dan etnis, Riau Kompleks tetap saling menghargai satu sama lain dan hal ini patut ditiru.

Pembina HIKMAT yang juga Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan tantangan ke depan semakin besar, baik sebagai karyawan dan sebagai warga Riau Kompleks. Sebab, terlalu banyak arus informasi yang berdatangan. Ia berpesan, melalui paguyuban yang ada, warga diharapkan terus menjaga dan melestarikan adat sehingga generasi muda tidak melupakan budaya mereka.

“Kita harus melihat ada istiadat dimana kita berada. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Hidup berdampingan itu harus saling menghargai, selama saya di sini, Alhamdulillah kita masih aman dan damai. Ini yang harus kita pertahankan,” ujarnya.

Ketua Panitia yang sekaligus Ketua Pemuda HIKMAT, Pajar Saputra  menuturkan kegiatan ini diadakan untuk mengobati kerinduan kampung halaman bagi warga Riau Kompleks yag tergabung dalam HIKMAT. Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mengenal budaya dikalangan warga.

“Kami juga baru dilantik sebagai Ketua Pemuda HIKMAT. Kami berharap ke depan bisa komplak dan bersama-sama mengenal budaya Tapanuli. Apalagi tahun ini dalam Pekan Seni dan Budaya Riau Kompleks, HIKMAT terpilih menjadi tuan rumah,” tutup Pajar.

Selain dihadiri oleh warga yang tergabung dalam HIKMAT, kegiatan ini juga dihadiri oleh Manajemen RAPP seperti Rudi Fajar dan Fahrizal Tampubolon serta perwakilan paguyuban lain yang ada di Riau Kompleks yakni Ikatan Keluarga Minang Riau (IKM-RK), Ikatan Keluarga Asal Batak Toba (IKABA), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumsel (IKASS), Persatuan Tunggal Warga (PUNGGAWA), Persatuan Masyarakat Aceh (PERMASA), Paguyuban Masyarakat Sunda (PANDAN WANGI) dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT), serta Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA).Dalam kegiatan ini juga dihadirkan kesenian asal Tapanuli baik itu baju adat dan seni musik.***




 
Berita Lainnya :
  • Saborigin Bersama HIKMAT Riau Komplek Obati Kerinduan Kampung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica