www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Pemkab Rohil Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022
Jumat, 23-12-2022 - 07:58:30 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022. Upacara yang mengusung tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju" tersebut dipusatkan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kamis (22/12) pagi.

Upacara peringatan Hari Ibu tersebut, Bupati Rohil Afrizal Sintong bertindak sebagai Inspektur upacara dan dihadiri Ketua PKK Sanimar Afrizal beserta jajaran, para Kepala OPD, perwakilan Persit dan Bhayangkara, Instansi Vertikal dan berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutan Menteri P3A yang dibacakan Bupati Rohil Afrizal Sintong menyebutkan, bangsa ini dibangun dari fondasi perjuangan para perempuan yang tak pernah lekang semangatnya untuk mencapai sebuah kehidupan yang lebih baik bagi generasi penerus. Tak terbilang lagi pahlawan perempuan yang namanya tetap harum hingga kini dan menjadi inspirasi bagi kita semua. RA Kartini, Cut Nyak Dien, Cut Meutia Fatmawati, Nyi Ageng Serang, Martha Christina Tiahahu Rasuna Said, Laksamana Malahayati, dan masih banyak lagi.

Salah satu titik penting perjuangan pergerakan para perempuan di masa pra kemerdekaan dan menjadi tonggak sejarah tersendiri adalah ketika diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Nasional pada tahun 1959 oleh Presiden Soekarno, yang dinamakan Hari Ibu.

Perempuan yang ikut terlibat aktif dalam perjuangan dan pergerakan, adalah inspirasi bagi kita semua. Para perempuan ini telah mampu berperan mengubah tatanan kehidupan menjadi lebih baik. lkut mencipta, membentuk sejarah, dan peradaban manusia ke arah yang lebih bertata nilai, berkeadilan, dan humanis dalam tatanan politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan teologi.

"Melalui peringatan Hari lbu inilah, kita kembali diingatkan akan pentingnya peran perempuan dalam mencapai tujuan- tujuan bangsa," katanya.

Di era kekinian lanjutnya, Peringatan Hari lbu diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi penerus bangsa, agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

"Perjalanan panjang selama 94 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia Pertama, telah mengantarkan berbagai buah baik bagi Kaum perempuan. Kesempatan mengenyam bangku sekolah, peluang bekerja, perempuan berpolitik, merupakan kabar baik," paparnya.

Namun harus diakui, nilai dan tujuan yang mendasari pertama belum Perempuan Kongres terbentuknya membawa kita sepenuhnya pada kesetaraan gender yang kita cita-citakan, termasuk budaya patriarki yang masih mengakar hingga saat ini. Salah satu bentuknya adalah domestikasi perempuan, yang membuat ruang gerak perempuan seolah terbatas pada ranah domestic dan fungsi reproduktif.

Tingginya kasus kekerasan seksual yang terjadi, juga menunjukkan bahwa perempuan masih dilihat sebagai objek, sehingga kembali menjadi korban.

Ditambah lagi, selama masa pandemi Covid-19, tantangan yang harus dihadapi perempuan pun semakin besar. Maka peringatan Hari Ibu juga menjadi ajang pengingat kita untuk kembali bersatu dan tidak mudah berpuas diri atas kemajuan yang telah kita raih, karena perjuangan kita masih panjang.

Kesetaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk perempuan dan laki-laki, memang sudah dijamin sejak awal dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Hal ini juga sesuai dengan target yang harus dicapai nasional, baik jangka panjang maupun jangka menengah yang berkelanjutan sampai dengan tahun 2030.

Maka, dengan mempertimbangkan komitmen bangsa kondisi, dan isu-isu prioritas hingga saat ini, PHI ke-94
Tahun 2022 masih mengangkat tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju" Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik Pemerintah akademisi dan profesional, dunia usaha, media masa maupun masyarakat. Maka, momentum Peringatan Hari lbu sebaiknya juga dijadikan momentum untuk bersatu
mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip "equal partnership".

Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki- laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa Peringatan Hari lbu adalah milik kita semua. Sebagai anak sebagai istri, sebagai ibu, maupun sebagai teman
seperjuangan, yang tidak lelah menjadi arti dimanapun berada.

"Untuk itu, saya ucapkan Selamat Hari Ibu ke-94 perempuan khususnya untuk seluruh perempuan Indonesia. Mari terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri, sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar untuk menyejahterakan semua Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju," pungkasnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohil Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica