www.beritaintermezo.com
01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers | 01:27 WIB - Pilkada Serentak 2024, PDIP Pelalawan Buka Penjaringan Hanya Untuk Cawabup | 14:01 WIB - Ini Dia Para Pemenang PTPN IV Regional III Performance League 2024
Hadiri Bakar Tongkang di Batam,
Surya Arfan : Ternyata Bukan Hanya di Rohil Bakar Tongkang
Selasa, 31-07-2018 - 08:56:45 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohil (Beritaintermezo.com)-Sekretaris Daerah Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau Surya Arfan tak menyangka ritual Bakar Tongkang yang setiap tahunnya digelar di Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil itu juga dilaksanakan warga Tionghoa di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Selama ini rupanya kita melihat Bakar Tongkang hanya di Bagansiapiapi yang sudah merupakan agenda wisata nasional, rupanya di Batam juga ada Bakar Tongkang," ujar Surya Arfan usai menghadiri acara Bakar Tongkang dalam rangka memperingati HUT Dewa Kie Hu Ong Ya ke-22 di Vihara U Pho Saka Dharma Pantai Permata, Batam, Minggu (29/7) sore.

Menurutnya, kegiatan Bakar Tongkang yang dilaksanakan warga Tionghoa Rohil di Batam tersebut merupakan suatu hal yang sangat positif dalam rangka untuk saling bekerjasama.

"Kalau bisa kedepan nanti sama-sama kita saling mengundang. Kalau perlu nanti kami sumbangkan Loya seperti yang ada di Bagansiapiapi, kita bawa kesini supaya lebih meriah lagi untuk mengangkat tradisi daripada Bakar Tongkang ini," kata Sekda.

Selain itu, ia juga berharap kepada warga tionghoa Bagansiapiapi yang telah sukses di Batam, agar bersama-sama mengembangkan investasi di Rohil seperti potensi perikanan, pertanian dan perkebunan.

"Silahkan kalau memang ada keinginan untuk berinvestasi. Kita welcome dan terbuka membantu teman-teman sekalian yang ada disini untuk bersama-sama mengembangkan Bagansiapiapi, sehingga Kabupaten Rohil akan sama-sama berkembang dengan kabupaten/kota lain yang ada di tanah air ini," ujarnya.

Tokoh masyarakat tionghoa Batam, yang juga anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Asmin Patros menyampaikan bahwa masyarakat Kepri, khususnya Batam pada umumnya adalah pendatang. Begitu pula warga tionghoa Rohil juga cukup banyak, sehingga budaya-budaya yang selama ini ada didaerah asal mereka seperi Bakar Tongkang juga dibawa ke Batam, termasuk juga kegiatan sembahyang dan sebagainya.

"Prosesi ini bukan hanya sekedar ibadah, tapi juga akan dikembangkan menjadi salah satu sarana untuk menarik industri pariwisata. Karena Ritual Bakar Tongkang ini juga sesuatu yang unik," kata Asmin.

Ia pun menyambut baik dan memberikan dukungan penuh kegiatan Bakar Tongkang yang diselenggarakan warga tionghoa Rohil tersebut.

"Satu hal yang luar biasa bahwa hari ini kita mendapat kehormatan, tidak hanya didukung oleh Pemkab Rohil melainkan Bupati Siak yang juga Gubernur Riau terpilih juga turut hadir. Ini menunjukkan bahwa kerjasama Provinsi Kepri dan Riau kedepan bisa kita jadikan kalender iven pariwisata. Jadi, kita sama-sama dorong dan kembangkan," tuturnya.

Sementara Bupati Siak Syamsuar menambahkan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan warga tionghoa yang ada di Batam, sekaligus memelihara persaudaraan diantara warga Batam bersama warga Kepri.

"Saya juga berharap dan mengajak warga Kepri untuk bersama-sama membangun Riau yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," kata Gubernur Riau terpilih itu.

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi, Kepala Bappeda Rohil Job Kurniawan, Kepala BPKAD Rohil Syafruddin, Kabag Kesra Setdakab Rohil Muhammad Zen, dan Ketua Ikatan Keluarga Rokan Hilir Batam Makmur, serta Sekretaris Edi Suryawan. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Surya Arfan : Ternyata Bukan Hanya di Rohil Bakar Tongkang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica