www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Balita Stunting Rohil Capai 28 Persen
Jumat, 18-01-2019 - 09:03:14 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Hingga akhir tahun 2018 tercatat bahwa dari total delapan puluh ribu anak balita di Rokan Hilir mencapai 28 peresen lebih. Hal itu dikatakan Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi, Kamis (17/1) usai rapat koordinasi bersama para Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Kesehatan, Camat dan Para Kepala Puskesmas.

Sekda menjelaskan bahwa Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi kronis yang terjadi dalam tempo lama, mulai di dalam kandungan sampai anak lahir. Perkembangan anak yang tidak normal, mulai dari berat badan maupun tinggi badannya.

"Kita balita ada 80.000 dan baru terdata 20.000 dan jumlah yang kita data persentasenya 28,81 Persen dalam kondisi stunting," kata Sekda.

Sekda mengharapkan, ada langkah konkret baik OPD Camat maupun Dinas Kesehatan agar angka ini bisa berkurang. Ditambahkan mantan Kadisdik Rohil ini bahwa setidaknya terdapat 10 OPD yang bertanggung jawab terhadap persoalan Stunting di Rokan Hilir.

Dalam upaya itulah dilakukan Rakor sehingga adanya komitmen bersama menurunkan angka balita yang penderita Stunting. "Kita misalkan Ketahanan Pangan bertanggung jawab terhadap gizi, bagaimana langkah yang dilakukan harus maksimal sehingga tidak ada lagi balita kita terkena stunting. Sama halnya dengan Perkim agar juga mungkin mensosialisasikam bahwa menyiapkan rumah yang layak," papar Sekda.

Namun untuk penekanannya adalah kepada Dinas Kesehatan bertugas memantau perkembangan balita di Rohil mulai dari dalam kandungan sampai dengan kelahiran. "Kita juga minta kerja sama Camat yang tahu akan kondisi masyarakatnya jika memang perlu sesuatu bisa mendiskusikan baik kepada diskes maupun OPD lainnya," jelas Sekda.

Tak sampai disitu, Sekda juga meminta kepada para ibu untuk memperhatikan Kesehatan anak. Salah satunya saat mengandung maupuan setelah melahirkan. "Balita apalagi bayi perlu ASI dan ada kejadian karena ibunya takut gemuk sehingga kurang makan dan akibatnya anak kekurangan gizi dan mengalami stunting," kata Sekda.

Kepada masyarakat juga diminta memantau anaknya jika memang terkena stunting karena bawaan gen mungkin bisa dimaklumi. Tapi jika karena kekurangan gizi dari awalnya normal harus segera melakukan pengobatan dan menghubungi petugas kesehatan terdekat.

"Secara bertahap kita mau menurunkan angka stunting di Rohil dan jika memang bisa kita tidak ingin ada tambahan balita terkena stunting," ujar Sekda.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Hj Dahniar MKes meminta adanya kerja sama terintegrasi sehingga angka stunting bisa berkurang.

"Kita minta OPD terkait membuat rencana aksi. Tidak hanya bisa Kesehatan saja karena hal ini harus sama-sama kita kerjakan bersama," kata Dahniar.

Pihaknya akan melanjutkan pendataan balita di Rohil terkait stunting yang memang secara kesehatan tampak dari pertumbuhan anak yang tidak normal. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Balita Stunting Rohil Capai 28 Persen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica