www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Bupati Sambut Kunjungan Kerja Moeldoko di Rohil
Senin, 25-02-2019 - 14:08:03 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGAN BATU (Beritaintermezo.com) - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp bersama Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar MSi menyambut kedatangan Kepala Staf Kepresidenan RI, Jendral TNI (Purn) Moeldoko di bagan Batu,  Kecamatan Bagan Sinembah, Sabtu (23/2) akhir pekan kemaren. Kedatangan Moeldoko dinegeri seribu kubah dalam rangka acara peremajaan sawit rakyat (PSR) dan penyerahan bantuan program keluarga harapan (PKH) serta penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat (PTSL) tahun 2019.

Bupati Rohil H Suyatno AMp mengatakan, Rokan Hilir merupakan Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Bengkalis, yang memiliki luas 8.881,59 Km, dengan jumlah penduduk mencapai 477.919 Jiwa, yang terkosentrasi pada dua kawasan, yaitu di Kawasan pesisir pantai Pulau Sumatera bermata pencaharian sebagai nelayan, dikawasan lintas Tran Sumatera bermata pencaharian sebagai petani (Petani Palawija, Sawit dan Karet Rakyat). Riau sebagai salah satu Provinsi yang memiliki komoditas perkebunan yang cukup potensial, terutama Kelapa Sawit dan Karet Rakyat.

Dari 2.424.525 Ha kebun kelapa sawit yang ada di Provinsi Riau, 11,62 % atau 281.793 Ha berada di Kabupaten Rokan Hilir. Dari luas keseluruhan tanaman sawit rakyat yang mencapai 168.544 Ha, terdapat kurang lebih 10.500 Ha yang merupakan Ex Perkebunan Inti Rakyat (PIR) yang umur tanamnya diatas 25 tahun dan perlu dilakukan peremajaannya.

Dengan adanya program Peremajaan Sawit Rakyat yang dilaksanakan KUD Subur Makmur berlokasi di Kepenghuluan Suka Maju dan Kepenghuluan Pelita, yang Penanaman Perdanya seluas 266 Ha (105 KK) telah di Lounching oleh Presiden Jokowi pada bulan Mei 2018 yang lalu," Ujar Suyatno.

Selanjutnya, Peremajaan dan Penanaman Perdana Sawit Rakyat tahap II seluas 420 Ha (167 KK) yang akan dilaksanakan oleh Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko, persoalan Kebun Sawit Rakyat yang kurang produktif (10.500 Ha) secara bertahap, Presiden Jokowi telah memberikan solusinya melalui Kebijakan PSR (686 Ha).  

Selain dari itu, yang membanggakan masyarakat Kabupaten rokan Hilir, khususnya masyarakat Petani Kelapa Sawit, di 2019 ini, melalui Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian, Bapak Presiden Jokowi telah memprogramkan Peremajaan dan Penanaman Perdana Sawit Rakyat seluas 2.677 Ha, yang direncanakan pada 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Balai Jaya, seluas 500 Ha, Bagan Sinembah 327 Ha, Tanah Putih 1.250 Ha dan Kecamatan Sinaboi seluas 600 Ha.

Dapat  di informasikan terkait dengan pelaksanaan Kebijakan Percepatan Pengentasan Kemiskinan melalui Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Rokan Hilir.

Bahwa sejak diluncurkannya Program Keluarga Harapan (PKH) oleh Presiden Jokowi pada tahun 2014 hingga 2019 ini, Di Kabupaten Rokan Hilir telah tersalur dana Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp204.347.375.000,- (Dua ratus empat Miliar, tiga ratus empat puluh tujuh juta, tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) yang tersalur pada 16.534 Keluarga Penerima Manfaat.

Dengan adanya Kebijakan Pemerintah pada 4 tahun Kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini, sangat dirasakan manfaatnya dengan meningkatnya perekonomiam rakyat, mengurangi angka kemiskinan yang dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, serta meningkatnya kualitas sumberdaya manusia, khususnya sumberdaya manusia masyarakat kami di Kabupaten Rokan Hilir.

Selain dari kegiatan Peremajaan dan Penanaman Perdana Sawit Rakyat (PSR) dan Penyerahan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH),  juga dilaksanakan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat dari kegiatan Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL).

Dengan diluncurkannya kegiatan PTSL pada tahun 2017 yang lalu, program Strategis nasional Bapak Presiden Jokowi, sejak 4 tahun lalu hingga saat ini 2019, Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Rokan Hilir, telah melakukan pengukuran dan penerbitan 20.135 Persil dan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Kabupaten Rokan hilir.  

Manfaat dari Kebijakan Bapak Presiden Jokowi dibidang Performa Pertanahan ini, telah banyak dirasakan manfaatnya, baik terhadap Pemerintah Daerah maupun bagi masyarakat Rokan Hilir.

Selain memberikan Kepastian dan Perlindungan Hukum Hak Atas Tanah Rakyat, juga dapat dijadikan Agunan dalam memperoleh bantuan modal usaha.

Dengan disertifikatkan, nilai ekonomi tanah rakyat menjadi meningkat. Dengan terpetakan seluruh bidang-bidang tanah secara sistimatis lengkap seperti yang sudah dilaksanakan di Kepenghuluan Bagan Batu Barat tahun 2018, secara langsung dirasakan manfaatnya, yang mana data yang dimiliki oleh Badan Pertanahan Nasional menjadi sumber untuk memperbaharui data secara real time pada dinas terkait, dalam hal ini Bapenda seperti bertambahnya wajib pajak baru untuk Bumi dan Bangunan (PBB) maupun dari penerimaan BPHTB.

Adapun Sertifikat Tanah Untuk Rakyat yang akan diserah secara simbolis pada kesempatan acara ini adalah sebanyak 996 Sertifikat,

Dikesempatan tersebut, atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyampaikan terima kasih, kepada Bapak Presiden Joko widodo, yang mana melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, telah merealisasikan Perbaikan dan Peningkatan Ruas Jalan Nasional dari Simpang Ujung Tanjung menuju Bagan Siapiapi, yang merupakan urat nadi transportasi ke pusat pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir, yang juga satu-satu aksesbilitas Even Wisata Nasional Bakar Tongkang, yang setiap tahun pengunjungnya terus meningkat dan mencapai angka 70-an ribu Wisatawan Lokal maupn Manca Negara.

Pada kesempatan itu, Bupati H Suyatno menyampaikan semoga dengan kondisi jalan yang telah diperbaiki di 2019 ini, Program Nawacita Presiden Jokowi dibidang Kepariwisataan lebih dapat kita tingkatkan dan dapat pula menggerakan sektor lain, terutama sektor jasa dan dapat pula meningkatkan taraf perekonomian rakyat pada kawasan Destinasi maupun Even Wisata yang telah ada," Pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Gubernur Riau H Syamsuar Msi, Mayjend (purn) Erro Kusnara, Supirman, Fajar, Sekdakab rohil Drs H Surya Arfan MSi, Forkopimda Kabupaten Rokan Hilir serta para Opd dilingkungan Pemerintah Daerah Rohil serta undangan lainnya. (rls hms/zal)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Sambut Kunjungan Kerja Moeldoko di Rohil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica