www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Hasil Swadaya Anak Rohil
Gubernur Syamsuar Tancapkan Tiang Pertama Pembangunan Masjid Cheng Ho
Rabu, 19-06-2019 - 12:46:13 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi Pancangkan Tiang pertama pembangunan masjid laksamana Muhammad Cheng Ho di Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera), Jalan Pulau Baru, Bagansiapiapi, Rabu (19/6) pagi. Masjid Pertama yang ditancapkan tiangnya di Propinsi Riau itu akan dijadikan sebagai Icon Wisata Religi Kebanggaan masyarakat Riau.

Pemancangan tiang pertama pembangunan masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho itu ditandai dengan penekanan serunai dan pemasukkan tiang pertama oleh Gubri didampingi Bupati Rohil H Suyatno AMp, Deputi Kementrian Pariwisata RI, Sekda Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Para Pimpinan Instansi Vertikal, Forkompinda dan undangan lainnya.

Bupati Rohil, H Suyatno AMp dalam sambutannya mengatakan kalau pembangunan Masjid Cheng Ho ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melainkan sumbangan dari anak Rohil yang sudah sukses diperantauan. Dimana masjid ini dibangun di atas lahan seluas 2 Hakter (Ha) dengan tinggi menara 25 meter dan dilengkapi berbagai fasilitas lainnya.

Masjid ini dibangun berbentuk kelenteng yang dipadukan dengan kubah, sesuai dengan julukan daerah kita negeri seribu kubah. "Target kita dalam 9 bulan masjid ini sudah selesai pengerjaanya. Oleh sebab itu, faktor keamanan harus bisa menjadi jaminan bagi kita semua mengingat banyaknya barang-barang dan kelengkapan lainnya terhadap pembangunan tersebut," Ujarnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengharapkan agar masjid kebanggaan masyarakat Riau itu nantinya difungsikan dengan sebaik mungkin. "Mudah-mudahan ini kedepannya akan menjadi wisata religi masyarakat propinsi Riau umumnya, dan masyarakat Rohil khususnya," Haranya.

Selain dari pada itu, Banyak warga Tionghoa yang saya kenal semasa saya dikabupaten siak, hanya masyarakat Tionghoa Rohil yang saya lihat kompak. karena setiap tahunnya yang ada diperantauan pasti pulang kekampung halamannya dengan jumlah yang tidak sedikit yakni puluhan ribu orang. Hal ini bisa kita lihat pada perayaan ivent nasional Ritual Bakar Tongkang," Puji Syamsuar.

Untuk diketahui bahwa Cheng Ho adalah seorang Kasim Muslim yang menjadi orang kepercayaan kaisar yongle dari Tiongkok yang berkuasa pada tahun 1403-1424 dan merupakan kaisar ketiga dari dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He yang juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao/Sam Po Bo yang berasal dari propinsi Yunnan.

Ketika pasukan Ming menaklukkan Yunnan, Cheng Ho ditangkap dan kemudian dijadikan orang Kasim. Cheng Ho merupakan keturunan Suku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, tetapi memeluk agama Islam.

Pada pertengahan abad ke 15 laksamana Muhammad Cheng Ho melakukan ekspedisi perdamaian ke benua Asia dan Afrika, dalam ekspedisi tersebut beliau berkeliling Nusantara antara lain kepulauan Jawa, Sulawesi, dan Sumatra. Sebagai penganut agama Islam, Cheng Ho sangat ingin melakukan haji ke Mekkah seperti yang telah dilakukan oleh almarhum ayahnya.

Untuk mengenang jasa-jasa laksamana Muhammad Cheng Ho dalam penyebaran agama Islam dibangunlah masjid-masjid berciri khas Tionghoa dan dinamai dengan masjid Muhammad Cheng Ho. Sehingga saat ini telah terbangun 16 masjid Cheng Ho diseludupkan nusantara, dan masjid Cheng Ho yang ke 17 dibangun di Bagansiapiapi.

Masjid Cheng Ho yang dibangun di Bagansiapiapi ini diatasi lahan seluas 2 Hakter dengan 2 lantai. Ornamen didalam masjid berjumlah 99 buah yang menandakan Asmaul Husna, pintu masuk berjumlah 5 pintu yang berarti rukun Islam, jumlah tiang tengah dalam ada 4 tiang yang berarti Khulafaur Rasyidin.

Kemudian jumlah anak tangga 17 buah yang berarti 17 rakaat sholat fardhu, kubah berbentuk persegi delapan yang artinya berbentuk sarang laba-laba yang menutup mulut Gua Tsur ketika Rasul dikejar oleh kaum kurais. Tiang gapura berjumlah 9 pilar yang berarti 9 wali songo dan 9 suku dikabupaten Rohil. Dan menara dibangun sebanyak 2 buah yang berarti Habblumminallah dan Habblumminnas, serta tingginya 25 lantai yang berarti 25 nabi dan rasul. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Gubernur Syamsuar Tancapkan Tiang Pertama Pembangunan Masjid Cheng Ho
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica