www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Panen Padi Gogo, Bupati Sukiman Harapkan Sebagai Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan
Rabu, 01-02-2023 - 12:36:07 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Wakil Ketua DPRD Rohul Andrizal, Kadis PTPH Riau, Kadis DTPH Rohul Fisman Hendri S.Hut melakukan Panen Bersama Padi Gogo jenis Sesungke.

Dari Kegiatan Pengawasan Sumber Daya Genetik (SDG) 2022 yang di kelola oleh Kelompok Tani Tunas Jaya di lahan seluas 4 hektar, di Desa Rambah Samo Kec. Rambah Samo, Selasa (31/1/2023)
 
Dengan memakai Caping dan sebuah Tuai Padi (alat pemanen padi tradisional Rohul) Bupati H. Sukiman terlihat tak canggung memanen Padi Gogo jenis Sesungke asli varietas Rambah Samo.

Dari Panen Padi Gogo untuk penangkaran Benih ini diharapkan dapat berkembang dengan harapan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan mencegah Inflasi Daerah. Karena dengan konsumsi beras lokal lebih murah dibanding dari harga beras dari Sumatera Barat.

Dalam kegiatan itu, turut juga dihadiri Kadis Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Riau Syahfalefi, BRIN Provinsi Riau Syahnora, Kadis Peternakan dan Perkebunan Rohul CH. Agung Nugroho STP, Kadis DKPP Rohul Barikun SP,  Sekretaris Diskominfo Rohul Zulfikri S.Sos M.Si, Sekretaris DTPH Rohul Andesmar S.Ip M.Si, Camat Rambah Samo Herokertus Sembiring S.Sos dan Kepala Desa serta kelompok Tani Tunas Jaya.

Bupati Rohul H. Sukiman mengapresiasi Panen Padi Gogo jenis Sesungke ini. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial saja, tetapi terus berkelanjutan, sesuai dengan Komitmen Pemkab Rohul dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan.

"Saya bangga dan terima kasih kepada Petani dan Kelompok Tani di Dusun Sigatal, Desa Rambah Samo yang telah mengembangkan Padi Gogo jenis Sesungke, sebagai upaya untuk ketahanan pangan," harapnya.

Ia juga mengaku sudah menginstruksi kan Camat dan Kades untuk memanfaatkan lahan kosong. Nanti benihnya akan dibantu Pemkab melalui Dinas terkait.

Jika dari 145 Desa/Kelurahan menanam padi 1 hektar/desa yang butuh 40 kg benih, maka estimasinya jika panen 3 kali dalam setahun bisa menghasilkan ribuan ton, yang bisa memenuhi kebutuhan lokal dan pengembangan benih padi Gogo serta mengurangi pasokan dari luar daerah.

"Diharapkan dengan adanya upaya dari berbagai kelompok tani Tunas Jaya yang peduli terhadap ketahanan pangan sebagai langkah mengatasi inflasi dan upaya untuk mewujudkan kebutuhan lokal dan ketahanan Pangan di Rohul," harapnya
Sementara itu, Kadis PTPH Riau Syahfalefi berharap dengan adanya panen padi Gogo oleh Kelompok Tani Tunas Jaya di Desa Rambah Samo untuk pengembangan Padi Gogo ini dapat membantu menekan inflasi daerah.

Lanjutnya, Dalam rangka penanganan inflasi daerah banyak komponen yang mempengaruhi harga beras premium. Ia berharap bersama daerah melakukan upaya mengatasi inflasi dan Satgas Pangan Rohul bisa memberi kontribusi terhadap harga beras.

"Riau memang masuk 10 daerah tingkat inflasi tinggi, tapi yang tertinggi Sumbar, Ironis nya Sumbar penghasil beras tapi inflasi nya masih tinggi, kita tahu Sumbar penghasil beras, tapi masih inflasi. Makanya ada himbauan Pemprov untuk mengkonsumsi beras lokal," ujarnya

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul yang komitmen dalam pengembangan benih Padi Gogo di Rohul. Tanam padi Gogo per hektarnya 40 Kg. Kalau 1000 hektar padi Gogo dikembangkan berarti butuh 40 ton benih.

"Kalau kita bicara penangkaran minimal 100 hektar baru bisa menghasilkan 40 ton benih, padi yang dipanen lulus uji dan dapat lebel biasanya maksimal yang menjadi 40-50 persen sisa nya menjadi beras gabah konsumsi, disamping dapat meningkatkan Produktivitas penangkaran juga meningkatkan jumlah dapat lebel uji dan lulus uji setiap tahun yang lebih baik,"katanya.

Ditempat yang sama, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul Fisman Hendri S.Hut mengatakan Penangkaran Padi Gogo jenis Sesungke ini ditanam dilahan seluas 4 Hektar yang dikelola oleh Kelompok Tani Tunas Jaya.

"Alhamdulillah kami menugal (menanam) September 2022, bulan Januari 2023 ini kita panen. Mudah-mudahan kedepannya kekurangan benih padi Gogo bisa tersedia dan terpenuhi di Rohul," ujarnya

Lanjutnya, sesuai arahan Bupati Rohul, diharapkan kepada Desa untuk menggunakan ADD 20 persen untuk mengalokasikan penanaman Padi dan lainnya dan paling sedikit desa menanam padi Gogo 1 Hektar. Untuk program kedepannya, diharapkan bisa mengurangi kebutuhan pangan yang didatangkan dari luar daerah.
 
"Makanya kami dari DTPH Rohul membuat terobosan dilahan seluas 12 hektar untuk penangkaran benih, tahun 2023 ditingkatkan menjadi 23 hektar, karena kebutuhan Padi Gogo atau Padi Ladang ini dalam 1 Hektar benihnya sebanyak 40 Kg," terangnya

"Alhamdulilah hitungan produksi Kelompok Tani Tunas Jaya ini sampel yang kami ambil di 3 tempat menghasilkan 3.5 Ton gabah basah. Kedepannya hasil ini memenuhi untuk 300 hektar padi Gogo di Rohul. Hasil penangkaran benih ini akan diuji dan mendapat lebel dari Balai Benih Provinsi Riau dan diseleksi, kemudian diserahkan lagi ke petani dan kelompok tani yang ingin menanam padi Gogo di Rohul," ujarnya. (Joh)



 
Berita Lainnya :
  • Panen Padi Gogo, Bupati Sukiman Harapkan Sebagai Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica