www.beritaintermezo.com
15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling | 10:13 WIB - Pemprov Riau Ajukan Bantuan 6 Helikopter Water Bombing
Tinjau Centra Industri Sagu Sungai Tohor dan Sejumlah Proyek Jalan, Kamsol Meranti Pastikan Selesai
Senin, 12-10-2020 - 07:58:02 WIB

TERKAIT:
   
 

Meranti (Beritaintermezo.com)-Minimnya anggaran pembangunan infrastruktur ditengah Pandemi Covid-19 ini tak membuat Pemkab. Meranti menghentikan sejumlah proyek pembangunan dan memastikan sejumlah proyek yang dibangun ditahun 2020 tetap berjalan sesuai rencana agar dapat dimanfaatkan masyarakat, untuk memastikannya Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. Kamsol MM bersama rombongan melakukan peninjauan sejumlah proyek infrastruktur di 2 Kecamatan yakni Tebing Tinggi Timur dan Kecamatan Rangsang, Minggu (11/10/2020).

Turut mendampingi Sekda, Camat Tebing Tinggi Timur Tunjiarto, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Meranti Fajar Triasmoko, Kabid Fisik Bappeda Meranti Robert, Kasi Dinas Perindagkop Meranti Miftah, Kasubag Kesra Alfian, Camat Rangsang Afifuddin, Aktifis Gambut Cik Manan, Kades Sungai Tohor dan Kades Sungai Tohor Barat, Bagian Humas dan Protokol Meranti dan sejumlah ASN lainnya.

Infrastruktur pertama yang dikunjungi Sekda Kamsol adalah, Centra Industri Sagu di Desa Sungai Tohor, Tebing Tinggi Barat, dalam kunjungannya Sekda berharap Centra Industri Sagu yang dibangun dengan Dana APBN Kementrian Perindag Tahun 2018-2019 sebesar 40 Miliar itu segera dapat dioperasikan dengan begitu dapat menambah nilai ekonomi Sagu Meranti yang dapat diproduksi menjadi berbagai turunan mulai dari tepung sagu, gula sagu, mie sagu, beras sagu, kerupuk Sagu dan lainnya.

Saat ini dari keterangan pihak Disperindag Meranti Miftah, pembangunan fisik bangunan utama dan pengadaan mesin-mesin peralatan sudah siap, yang menjadi kendala saat ini hanyalah jaringan listrik menuju industri Sagu yang tak lama lagi akan tersambung serta aksesbilitas jalan yang saat ini sedang dalam progres pembangunan.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk pengelolaan sendiri akan dilakukan oleh Koperasi yang dibentuk oleh masyarakat, nantinya pihak koperasi akan mencari SDM, tenaga ahli serta investor sebagai pendana awal.

Agar pengoperasian dapat berjalan sesuai rencana dikatan Sekda perlu melibatkan 4 unsur yakni akademisi (tenaga ahli), pengusaha (pemodal), Pemerintah, dan Comunity (masyarakat).

"Dengan melibatkan 4 unsur ini kita juga dapat mengusulkan bantuan ke Balitbang LIPI baik berupa mesin peralatan maupun tenaga ahli," jelas Sekda.

Usai melihat seluruh bangunan dan mesin-mesin pengolah Sagu, selanjutnya Sekda Kamsol dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke proyek pembangunan jalan penghubung 2 Desa yakni Lukun-Sungai Tohor sepanjang 7 KM dengan Lebar 6 M yang dibangun dengan dana DAK Reguler Tahun 2020 sebesar 24 Miliar lebih. Dalam kunjungannya Sekda melihat pembangunan masih On Progres dan ia berharap hingga akhir tahun 2020 mendatang proyek ini dapat dituntaskan.

"Kita ingin proyek ini dapat selesai sesuai rencana sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudak aksesbilitas orang dan barang diwilayah Tebing Tinggi Timur," harap Sekda.

Tak selasi disitu, setelah memastikan proses pembangunan infrastruktur di Kecamatan Tebung Tinggi Timur berjalan dengan baik, Sekda Meranti dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Kecamatan Rangsang. Dilokasi ini Sekda melihat progres pembangunan jalan penghubung Desa Tj. Samak-Desa Repan sepanjang 4.3 KM, yang dibangun menggunakan Dana DAK Penugasan sebesar 15 M lebih. Serta pembangunan jalan Ibu Kota Kecamatan Rangsang sepanjang 2 KM dengan dana sebesar 10 Miliar.

Sama seperti saat menunjau proyek sebelumnya pembangunan masih On Progres meski pembangunan masih berkisar 30-40 persen namun dari keterangan pihak Dinas PUPR Meranti, pembangunan akan dapat dituntaskan sesuai target yakni akhir tahun 2020.

Sekedar informasi, selain meninjau berbagai proyek pembangunan infrastruktur Sekda Kamsol dan rombongan juga menyempatkan diri meninjau gedung Puskesmas Sungai Tohor yang representatif.

"Harapan dengan kunjungan ini semua proyek pembangunan infrastruktur yang tengah berjalan dapat selesai sesuai target yang telah direncanakan," tegasnya lagi.***(karim)



 
Berita Lainnya :
  • Tinjau Centra Industri Sagu Sungai Tohor dan Sejumlah Proyek Jalan, Kamsol Meranti Pastikan Selesai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica