www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Komisi B DPRD Panggil BPKAD Rohil, Pertanyakan Soal Tunda Bayar
Jumat, 13-01-2023 - 07:13:00 WIB
Komisi B DPRD Rohil melakukan RDP bersama BPKAD setempat terkait keuangan dan aset daerah. RDP itu juga membahas terkait adanya tunda bayar tahun anggaran 2022 lalu.
TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) memanggil Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat. Pemanggilan itu dalam rangka Rapat Dengar Pendapat (RDP) untuk mempertanyakan tentang keuangan dan aset daerah.

RDP yang digelar pada Selasa (10/1) lalu memastikan pembayaran hutang tunda bayar sejumlah kegiatan dibeberapa organisasi perangkat daerah (OPD)tahun anggaran 2022 lalu.

Rapat dengar pendapat dipimpin Wakil Ketua Komisi B, Riyadi SH didampingi Sekretaris, Hermawan dan anggota, Ucok Mukhtar. Sedangkan dari pihak BPKAD dihadiri langsung Kepalanya, Darwan SE beserta Kepala Bidang (Kabid) nya.

Informasi yang diterima komisi B DPRD Rohil adanya tunda bayar sejumlah kegiatan di tahun 2022 karena kekosongan kas daerah dari pemotongan uang kelebihan transfer lebih kurang Rp96 Miliar pemerintah pusat.

"Nah, makanya kita melakukan RDP untuk mempertanyakan masalah keuangan beserta aset daerah. Yang paling utama itu adalah mengenai keuangan, karena kemaren ada sejumlah rekanan kontraktor melakukan aksi demo," Kata Anggota Komisi B, Ucok Mukhtar.

Pihaknya mengaku juga memonitor bahwa ada kesalahpahaman dikarenakan ada salah satu kepala bidang yang sakit. "Itulah salah satu informasi dari kontraktor yang kami terima sehingga menyebabkan permasalahan terjadinya tunda bayar," Ungkap Ucok Mukhtar.

Sebenarnya kata Politisi Gerindra Rohil itu bukanlah itu penyebabnya, melainkan karena kas daerah kosong. "Kalau memang kas itu ada, tentu BPKAD tidak bisa menahan pembayaran kegiatan tersebut," Terangnya.

Berdasarkan keterangan yang diterima komisi B dari pihak BPKAD, tunda bayar yang dialami Pemkab Rohil tahun 2022 sebesar Rp23,3 Miliar.

"Adapun OPD yang mengalami tunda bayar diantaranya Dinas PUTR, Disperkim, Disdikbud, dan Dinas Perikanan," Katanya sembari mengatakan tunda bayar itu yang sudah masuk Surat Perintah Pembayaran (SPM).

Menurut Ucok Mukhtar, Tunda bayar itu baru bisa dibayarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2023. Namun demikian, Jika Pemkab ada solusi bisa saja dibayarkan sebelum APBD-P.

"Kalau memang keuangan dari Menetri keuangan turun, pihak BPKAD tentunya akan mencari celah untuk menyelesaikan tunda bayar tersebut. BPKAD akan menghubungi pihak pemerintah pusat untuk mencari solusi agar pembayaran kegiatan yang ditunda cepat dibayarkan," Ungkapnya.

Dalam hal ini, pihak komisi B juga mempertanyakan kenapa waktu pelaksanaan kegiatan sering terjadi keterlambatan, apakah disebabkan keuangan di BPKAD itu belum ada," Tanyanya.

Pihaknya juga menegaskan kepada Pemkab Rohil untuk kedepannya jika keungan daerah ada laksanakan secepatnya kegiatan pembangunan biar segera bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Komisi B DPRD Panggil BPKAD Rohil, Pertanyakan Soal Tunda Bayar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica