www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
APLR Berharap Pemerintah Seragamkan Harga Madu di Riau
Senin, 10-01-2022 - 13:49:19 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN (Beritaintermezo.com) - Saat ini pangsa pasar madu di Riau lagi membeludak, tetapi mulai terganggu dengan persaingan  harga yang tidak sama serta datangnya para peternak madu dari Jawa, membuat sejumlah peternak madu yang berasal dari Riau kini telah membentuk suatu Asosiasi Peternak Lebah Riau (APLR) di Hotel Evo, Pekanbaru, tanggal 8 Januari 2022  lalu.

Syamsultan merupakan Ketua APLR, peternak madu dari Pangkalan Kerinci, sangat prihatin dengan para peternak madu di Riau yang "merasa" tidak menjadi tuan di negerinya sendiri dalam soal pangsa pasar madu. Banyaknya peternak madu dari Jawa yang masuk ke Riau, yang kemudian memasarkan ke Jawa merupakan imbas dari semua ini.

"Saat ini, harga madu menjadi anjlok karena tidak adanya pengaturan soal ini. Untuk menutupi hasil panen saja kita kesulitan, " kata Syamsultan pada media ini, Senin (10/1/2022).

Syamsultan yang memiliki ternak madu di Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan ini, bahwa pihaknya tak alergi dengan peternak madu yang berasal dari luar Riau. Namun setidaknya ada aturan atau regulasi yang mengatur soal ini, sehingga para peternak madu di Riau bisa menikmati secara nyata dari hasil madunya sendiri.

"Kita tak ada bedanya tapi jangan sampai orang luar malah menikmati hasil madu kita. Kita tak ingin menyalahkan karena kita sendiri memang tak mencegahnya. Karena itu, setelah terbentuk asosiasi ini, kita akan bahas aturannya atau regulasinya. Para peternak dari luar Riau akan kita kendalikan. Kalau mereka investasi ya akan kita catat, kalau bisa kita rangkul ya kita buat aturannya juga," paparnya.

Meski belum dikukuhkan, lanjutnya, APLR kini telah memiliki anggota sebanyak 50 orang peternak madu yang berasal dari Pekanbaru, Pelalawan, Bengkalis, Dumai dan kabupaten lainnya yang ada di Riau. Rencananya, usai dikukuhkan nanti pihaknya akan beraudiensi dengan Pemerintah untuk menetapkan aturan mainnya bagi para peternak lebah madu.

"Kita menginginkan setelah asosiasi ini dikukuhkan, harus ada nanti aturan mainnya atau regulasinya. Seperti misalnya soal penetapan harga madu yang harus dikeluarkan oleh Asosiasi sehingga ke depannya para peternak madu bisa lebih diperhatikan lagi," ujarnya.

Dia juga mengatakan pada dasarnya pembentukan asosiasi ini memiliki tiga tujuan yakni untuk mengendalikan pasar dan penguasaan pasar,  penguasaan lahan yang harus diatur jaraknya sekaligus penertiban sangkar serta membatasi masuknya peternak dari luar.

"Kita harapkan dengan telah terbentuknya APLR ini nantinya akan ada dukungan soal pemasaran dan permodalan bagi kami. Sehingga para peternak madu di Riau ini dapat merasa menjadi tuan di negerinya sendiri. Dan saat ini juga para reseller yang ingin membeli madu bisa membeli langsung ke pihak Asosiasi Peternak Lebah Riau," katanya. (Tom)



 
Berita Lainnya :
  • APLR Berharap Pemerintah Seragamkan Harga Madu di Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica