www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Sekolah SMP Binaan RAPP Jalankan Program SDGs
Kamis, 19-05-2022 - 16:23:11 WIB

TERKAIT:
   
 

PANGKALAN KERINCI (Beritaintermezo.com) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Global Andalan menerapkan proyek berbasis program Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai tugas akhir siswa kelas IX (sembilan) tahun 2022. Program ini bertujuan mengajarkan siswa berpikir kreatif, peduli dan mampu menciptakan solusi pada setiap permasalahan. Sekolah SMP Global Andalan merupakan salah satu sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Kepala Sekolah SMP Global Andalan, Adven Daeli mengatakan program SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disusun oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk mengatasi masalah sosial ekonomi negara-negara di dunia ini telah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan sejak tahun 2020.

"Selama setahun terakhir, siswa mulai mencari ide terkait 17 tujuan SDGs. Setelah itu mereka mulai mengembangkan ide tersebut, membuat karya, berkunjung ke lapangan, melakukan wawancara dengan narasumber secara langsung, membuat dokumentasi dan terakhir mempresentasikan hasil karya mereka sebagai tugas akhir di depan audiens, para guru dan orang tua siswa," Jelas Adven ketika dihubungi, Kamis, (19/5/2022) di Pangkalan Kerinci.

Adven berharap kegiatan proyek pembelajaran mengenai implementasi SDGs ini terus dilakukan perbaikan dan dimulai lebih awal dari kelas yang lebih rendah. Hal ini agar pengalaman belajar dapat dikembangkan lebih luas dan mewujudkan pembentukan karakter profil pelajar Pancasila.

"Apresiasi saya kepada seluruh guru pembimbing yang telah mencurahkan ide dan pikirannya untuk mewujudkan implementasi SDGs untuk diintegrasikan dengan kegiatan pembelajaran," ujarnya.

Ada sebanyak 7 proyek SDGs yang dilakukan oleh 92 siswa kelas sembilan. Salah satu kegiatan terkait SDGs yang dijalankan adalah Local Pride Batik Bono. Proyek ini mempromosikan Batik Bono sebagai salah satu cinderamata populer Anugerah Pesona Indonesia (API) yang akhirnya berhasil menjadi juara 2 API 2022.

"Objektif dari proyek kami ini untuk mendukung pelaku UMKM agar sejahtera dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang serta agar generasi muda seperti kami ikut bangga memakai produk lokal," ungkap Nasywa, Ella dan Duma yang berkarya melalui video sinematik, twibbon dan poster promosi batik berciri khas Ombak Bono ini.

Proyek lain yang digagas oleh beberapa siswa adalah Remaja Cerdas Peduli Bahagia. Proyek ini mengangkat kepedulian siswa-siswi SMP Global Andalan untuk berkunjung ke SMP Negeri 6 Pelalawan, di Desa Sering. Mereka saling berinteraksi dan menyisihkan sebagian uang jajan untuk berbagi kebutuhan sekolah seperti buku tulis, buku bacaan, alat tulis, media belajar dan sebagainya.  Sementara 5 proyek lainnya Karya Emosional, Kebugaran Jasmani, Miniatur Warisan Budaya, Peduli Sampah dan Pengolah Ubi Kayu Menjadi Makanan Bernilai Ekonomis Tinggi.

SMP Global Andalan menjadi salah satu sekolah pertama yang menerapkan program SDGs di Kabupaten Pelalawan. Sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini berhasil menjadikan SDGs sebagai bagian dari tugas akhir siswa. Puncak acara pekan SDGs yang berlangsung pada 21 April 2022 lalu.

"Terima kasih kepada seluruh siswa kami, yang telah melakukan pembelajarannya secara sungguh-sungguh, berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan yang kontekstual sehingga dapat belajar langsung dari hal-hal yang konkrit dan dapat dikembangkan menjadi pengalaman belajar yang bermakna dalam kehidupan siswa," pungkasnya.***



 
Berita Lainnya :
  • Sekolah SMP Binaan RAPP Jalankan Program SDGs
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica