www.beritaintermezo.com
20:18 WIB - Lantik Sebagai Sekdakab, H Fauzi Efrizal Diminta Mampu Memberikan Warna Baru | 20:13 WIB - Eddy Yatim Minta Kasatpol PP Perkuat Koordinasi Dengan Bapenda | 20:10 WIB - M Adil-Syamsuar Berdamai? Diwarnai Potong Tumpeng | 16:07 WIB - Kunker Ke Mapolsek Kuntodarussalam, Ny Dinda Pangucap : Batasi Bermedsos   | 09:36 WIB - Pelayanan Prima Rumah Sakit Tandun PTPN V Diganjar Akreditasi Bintang Lima Paripurna | 08:29 WIB - Kadiskominfotik Rohil : Tahap Awal Kita Pasang 600 Titik
Rombongan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sebut BUMD Tuah Sekata Patut Dicontoh
Jumat, 20-01-2023 - 10:36:00 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN (Beritaintermezo.com) - Rasa puas terpancar dari rombongan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang melakukan studi banding ke Perumda Tuah Sekata, Kamis (19/1/2023). Disambut langsung orang nomor satu BUMD Tuah Sekata, Tengku Efrisyahputra, didampingi Dewan Pengawas BUMD Tuah Sekata dr. Deni Gunawan, Kabag Ekonomi Setda Pelalawan Joeharmansyah dan Direktur BPR Dana Amanah, Ketua rombongan yang juga Ketua Komisi 2 DPRD Kepulauan Mentawai menyatakan rasa puasnya atas kunjungan mereka ke Kabupaten Pelalawan, khususnya ke BUMD Tuah Sekata.

"Banyak hal yang tadi kami diskusikan bersama, kami ingin mendapatkan informasi terkait dari sisi regulasi, mengoperasionalkan BUMD sehingga hasilnya bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) atau bisa berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat," terang Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Nelsen Sakerebau, pada media ini, Kamis (19/1/2023).

Nelsen yang juga ketua rombongan dari fraksi PDI-P itu mengatakan, yang kedua diskusi terkait pengelolaan Community Social Responsibility (CSR). Pasalnya, CSR di Kabupaten Kepulauan Mentawai itu banyak pengelolaan kayu. Perda di Pemkab Mentawai sudah ada soal pengelolaan CSR cuma belum maksimal.

"Jadi dari hasil diskusi, kami sudah dapatkan beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan di daerah kami, Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Nelson didampingi Asisten 2 Pemkab Kepulauan Mentawai, Lahmudin.

Dijelaskannya, pengelolaan keuangan BUMD Tuah Sekata yang sudah mendapat penghargaan dari BPKP adalah hasil yang didapat dari diskusi. Artinya, Perumda di Kabupaten Kepulauan Mentawai juga sudah ada penyertaan modal tapi belum berkontribusi. Jangankan berbicara soal management, Perumda di Kepulauan Mentawai belum memberikan dampak.

"Memang tidak harus mencari keuntungan tapi setidaknya layanan-layanan masyarakat di Perumda bisa berdampak pada masyarakat," kata  Nelson seraya mengatakan jika di Kepulauan Mentawai sudah ada Perumda Kemakmuran Mentawai yang bergerak di dua bidang yakni bengkel dan hasil pertanian masyarakat yang masih banyak terkendala dalam tataran manajemen.

Hal menarik dari diskusi kunjungan Pemkab Kepulauan Mentawai ke BUMD Tuah Sekata adalah harus adanya Perda pendirian BPR dulu. Yang menarik lainnya dari diskusi yang bisa diambil pelajaran adalah bahwa DPRD, Kepala Daerah dan stake holder lainnya harus sepakat dalam perekrutan karyawan. Dari direktur, misalnya, dia jangan adiknya pejabat karena itu akan susah nantinya.

Asisten 2 Setda Pemkab Kepulauan Mentawai, Lahmudin, di kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasihnya pada Pemkab Pelalawan yang telah menerima rombongan Kabupaten Kepulauan Mentawai.  

"Saya perwakilan dari Pemkab Kepulauan Mentawai yang merupakan mitra DPRD, ingin melihat dan belajar secara langsung keberhasilan Perumda di sini. Mudah-mudahan apa yang kita pelajari di sini, keberhasilan BUMD Tuah Sekata, BPR menjadi modal bagi kita untuk bisa diterapkan di sana sehingga dua Perumda yang kita punya bisa berkontribusi sesuai yang kita harapkan," kata Asisten 2 Ekbang Setda Pemkab Kepulauan Mentawai, Lahmudin, seraya memuji keberhasilan Direktur BUMD Tuah Sekata dalam mengembangkan salah satu Perumda.

Menanggapi adanya kunjungan kerja dari DPRD dan Pemkab Kepulauan Mentawai, Dirut BUMD Tengku Efrisyahputra mengatakan bahwa kunjungan ini setidaknya bisa berbagi ilmu dan pelajaran satu sama lain. Saling menutupi jika ada kekurangan dan saling berbagi jika ada kelebihan.

"Karena tidak akan sempurna sebuah BUMD jika tidak ada perbandingan-perbandingan yang bisa dipelajari," tukasnya. (Tom)



 
Berita Lainnya :
  • Rombongan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sebut BUMD Tuah Sekata Patut Dicontoh
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica