www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
SD Global Andalan Terapkan Berbagai Metode Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19
Senin, 03-08-2020 - 21:44:41 WIB

TERKAIT:
   
 

PANGKALAN KERINCI (Beritaintermezo.com) – Pandemi COVID-19 tak membuat kegiatan belajar-mengajar terhenti begitu saja. Pembelajaran secara daring adalah solusi yang paling efektif pengganti sementara belajar tatap muka  bagi guru dan siswa.  Salah satunya SD Global Andalan yang menerapkan sejumlah strategi belajar daring selama Pandemi COVID-19.

Manajer Yayasan Kerinci Cinta Kasih (YKCK), Jansen Yudianto mengatakan saat pembelajaran daring, para guru harus kreatif menyajikan materi yang mudah dimengerti dan bermakna sehingga siswa tidak bosan dan tetap produktif di rumah. Menurutnya cara tersebut menjadi tantangan bagi guru untuk mengembangkan diri melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring.

"Pembelajaran seperti ini menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif agar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi era revolusi industri 4.0. Siswa juga perlu untuk berpikir kritis saat online classroom dilakukan," jelas Jansen, Minggu (2/8) di Pangkalan Kerinci.

Jansen menambahkan metode pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) dengan strategi Flipped Classroom diterapkan sekolah yang berada di komplek PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), APRIL Group di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Strategi ini menjawab kebutuhan siswa saat pembelajaran daring dengan membuat sebuah proyek atau aktifitas tertentu sebagai media belajar. Sistem ini merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk melakukan investigasi secara mendalam terhadap suatu topik. Kegiatan ini mendorong siswa untukmelakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

 "Kolaborasi metode PjBL dengan Flipped Classroomini bertujuan agar siswa lebih aktif dalam memecahkan suatu masalah, meningkatkan keterampilan dalam mengelola alat dan bahan untuk menyelesaikan tugas atau proyek bersama dalam kelompok," tutur Jansen.

 Selain itu, dilanjutkan Jansen, pembelajaran tematik dengan Flipped Classroom dikembangkan juga pada pendekatan Science, Technology, Engineering, Math(STEAM). Menurutnya, pendekatan STEAM ini sangat sesuai dengan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Guru memberikan tugas atau proyek dengan mengaitkan pada beberapa muatan pelajaran. Kemudian siswa dituntun menjadi pemecah masalah, penemu, innovator, membangun kemandirian, berpikir logis, dan melek teknologi.

"Model pembelajaran ini efektif diterapkan kepada siswa SD karena siswa melakukan discovery (penemuan-red) secara mandiri. Dengan siswa melakukan discovery maka ia sudah belajar. Proses inilah yang disebut dengan belajar, yakni dari tidak tahu menjadi tahu," ucapnya.

Jansen mengatakan strategi ini juga memberikan manfaat langsung kepada siswa. Siswa tidak setiap hari menghadapi gadget dan laptop sehingga mata mereka tidak lelah. Selain itu, siswa dapat menerapkan langsung dalam kehidupannya. Selain itu, keterampilan guru juga meningkat dalam menggunakan teknologi informasi. Guru dapat menciptakan dan memodifikasi video pembelajaran sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi.***(rls)



 
Berita Lainnya :
  • SD Global Andalan Terapkan Berbagai Metode Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica