Bupati Bengkalis Amril Mukminin minta pemerintahan desa untuk mengalokasikan 5 persen untuk pembangunan literasi desa. Hal ini penting " />
www.beritaintermezo.com
20:23 WIB - Menjadi Konstituen, SMSI Siap Mengemban Amanah Dewan Pers | 14:38 WIB - Sehari Sebelum Lebaran, PLN Nyalakan 7 Desa BerlisTrik Di Riau | 13:52 WIB - Dua Hari Jelang Idul Fitri 1441 H, POSPERA DKI Jakarta Bagikan 35.000 Paket Beras. | 16:39 WIB - PLN Kerahkan 31 Ribu Personil Amankan Listrik Jelang Lebaran | 10:51 WIB - Basahi Gambut Cegah Karhutla, KLHK Lakukan Rekayasa Hujan | 09:50 WIB - Jalan Rusak Parah di Sukamerindu Mulai Diperbaiki Pemkot Bengkulu
Pemdes Harus Mengalokasikan Dana Untuk Pembangunan Literasi Desa
Kamis, 02-05-2019 - 08:40:56 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemdes Harus Mengalokasikan Dana Untuk Pembangunan Literasi Desa
  •  

    BATHIN SOLAPAN (Beritaintermezo.com) – Bupati Bengkalis Amril Mukminin minta pemerintahan desa untuk mengalokasikan 5 persen untuk pembangunan literasi desa. Hal ini penting dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

    "Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, desa perlu mengalokasikan 5 persen untuk pembangunan literasi desa, dan ini perlu dilaksanakan oleh kepala desa," ujar Bupati Amril Mukminin, saat meresmikan Perpustakaan Puti Jaum Pemilin Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Rabu 1 Mei 2019.

    Dikatakan Amril Mukminin, jika seluruh desa yang ada di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini,  menyisihkan dananya sebesar 5 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Desa, maka seluruh desa akan tumbuh pusat informasi.  Selain itu langkah ini, untuk meningkatkan semangat dan kesadaran masyarakat untuk gemar membaca.

    ""Saat ini, gemar baca masyarakat khususnya generasi muda sangat rendah. Kami harapkan seluruh desa membangun pusat literasi atau perpustakaan desa,” tandasnya.

    Keberadaan perpustakaan, diharapkan tidak hanya menjadi tempat menyimpan dan pajangan buku-buku, tapi harus menjadi wahana baru sebagai laman rekreasi dan pembelajaran sepanjang hayat, tapi dapat juga tumbuh sebagai kekuatan ekonomi sekaligus sebagai objek wisata ilmu.

    Tentu untuk menjadikan pusat literasi menjadi tumpuan bagi masyarakat, Bupati Amril Mukminin minta kepada pengelola untuk lebih kreatif dan inovatif. Misalnya, memadukan kemajuan teknologi informasi dan digitalsiasi.

    Ditambahkan Amril, perpustakaan desa bisa dianggap sebagai lembaga penyedia informasi sekaligus penyebar luasan informasi ke masyarakat. Tentu harus ditopang dengan manajemen yang memadai.

    Terkait dengan keberadaan Perpustakaan Puti Jaum Pemilin Desa Kesumbu Ampai, Amril Mukminin memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Terutama kepada kepala desa, Badan Permusyarawatan Desa dan seluruh masyarakat yang mendukungnya.


    Mantan Kepala Desa Muara Basung ini, berharap agar keberadaan perpustakaan desa ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat Desa Kesumbo Ampai, sehingga menjadi SDM berkualitas.

    "Hal ini juga selaras dengan selaras dengan nawacita kelima presiden republik indonesia bapak Ir. H. Joko widodo, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan," terangnya.

    Peresmian Perpustakan Puti Jaum Pemilin ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin.***



     
    Berita Lainnya :
  • Pemdes Harus Mengalokasikan Dana Untuk Pembangunan Literasi Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    4 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    5 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    6 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    7 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Presiden Minta Percepatan Pembangkit Listrik & Kilang Minyak
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica