www.beritaintermezo.com
15:21 WIB - Bupati Nikson Nababan Bangga Taput Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 | 15:13 WIB - Gubri Serahkan Ratusan Wakaf Al-Quran di MAN 1 Pekanbaru | 10:32 WIB - PTPN V Targetkan Integrasi Penuh Digitalisasi E-Plantation 2023 | 20:52 WIB - Terapkan BLUD di Puskesmas, Petugas Sejahtera Masyarakat Sehat | 11:38 WIB - Satpol PP Lakukan Patroli Rutin Dimalam Hari | 14:12 WIB - Lima Tim PTPN V Adu Inovasi Planters Innovation Summit 2022
Bangun Pusat Pelatihan, RAPP Ciptakan Karyawan Berdaya Saing Unggul
Selasa, 05-07-2022 - 07:10:09 WIB

TERKAIT:
   
 

KUANSING (Beritaintermezo.com)-Pemahaman dan keterampilan yang dimiliki karyawan sebagai aset utama perusahaan menjadi penting untuk membuat perusahaan semakin kompetitif. Terlebih bagi perusahaan yang harus dijalankan secara berkelanjutan (sustainable). Kondisi tersebut menuntut industri ini memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI) atau fiber.

Berangkat dari kondisi tersebut, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mendirikan Situgal Fiber Operation Training Center (FOTC) atau pusat pelatihan khusus karyawan fiber di Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Fasilitas ini dibangun pada tahun 2007 lalu yang berada di bawah naungan APRIL Learning Institute (ALI), pusat pelatihan karyawan grup APRIL. Pusat pelatihan ini memiliki visi misi untuk melahirkan pemimpin handal masa depan di unit bisnis fiber plantation (penanaman pohon) APRIL yang mampu menavigasi operasionalnya secara berkesinambungan.

Learning and Development (L&D) Fiber Head ALI, Supriyanto mengatakan fasilitas pelatihan di Situgal ini dipersiapkan sebagai tempat mencetak calon asisten dan mandor yang akan terlibat langsung untuk memastikan proses penanaman berjalan dengan baik.

"Cikal bakal pemimpin fiber masa depan di lingkungan grup APRIL setidaknya harus memiliki pengalaman training di sini dan mendapatkan sertifikat kelulusan SFOTC," jelas Supriyanto, Jumat (1/7/2022).

Supriyanto bersama 17 orang trainer mendedikasikan diri mengelola fasilitas training dengan sungguh-sungguh. Mereka melaksanakan 4 angkatan (batch) training bagi Assistant Trainee (AT) dan 4 batch untuk Management Trainee (MT) selama setahun dengan peserta per batch sekitar 75 orang.

Sejak berdirinya, Situgal FOTC telah meluluskan 70 angkatan AT dan 88 angkatan MT. Karyawan trainee ini menjalani pelatihan selama 6 bulan yang dibagi dalam beberapa tahapan yakni 1,5 bulan di FOTC, 1,5 bulan para trainee ditugaskan ke beberapa estate yang ditentukan oleh manajemen L&D dan 3 bulan terakhir trainee mengikuti On Job Probation di departemen yang ditunjuk sesuai dengan spesialisasi mereka. Mereka dididik langsung oleh tim pengajar atau mentor dari karyawan senior yang memiliki keahlian di bidang fiber plantation. Modul pelatihan yang diberikan mulai dari modul umum, modul spesialisasi, on job probation hingga evaluasi.

Salah satu lulusan FOTC, Ari Putra Susanto, berbagi cerita dan pengalaman selama mengikuti training di Situgal tahun 2018 lalu.

"Keras lembutnya Situgal adalah untuk mempersiapkan kami kelak, di sana kami mendapat gambaran sesungguhnya bagaimana pekerjaan lapangan yang akan kami hadapi di industri kehutanan," kenang Ari AT angkatan 56 yang sekarang bekerja sebagai Greenhouse Gas Analyst, Peatland Science Department.

Setiap peserta pelatihan dibekali materi tentang kedisplinan, toleransi antar sesama, kerjasama tim, strategi penyelesaian masalah yang akan sangat berguna bagi mereka selaku calon pemimpin industri kehutanan di masa depan.***



 
Berita Lainnya :
  • Bangun Pusat Pelatihan, RAPP Ciptakan Karyawan Berdaya Saing Unggul
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica