www.beritaintermezo.com
20:18 WIB - Lantik Sebagai Sekdakab, H Fauzi Efrizal Diminta Mampu Memberikan Warna Baru | 20:13 WIB - Eddy Yatim Minta Kasatpol PP Perkuat Koordinasi Dengan Bapenda | 20:10 WIB - M Adil-Syamsuar Berdamai? Diwarnai Potong Tumpeng | 16:07 WIB - Kunker Ke Mapolsek Kuntodarussalam, Ny Dinda Pangucap : Batasi Bermedsos   | 09:36 WIB - Pelayanan Prima Rumah Sakit Tandun PTPN V Diganjar Akreditasi Bintang Lima Paripurna | 08:29 WIB - Kadiskominfotik Rohil : Tahap Awal Kita Pasang 600 Titik
Dewan Rohil Sarankan Pengutipan Pajak Door to Door
Jumat, 20-01-2023 - 08:18:57 WIB

TERKAIT:
   
 

Bagansiapiapi (Beritaintermezo.com)-Komisi B DPRD Rohil terus melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan OPD terkait selaku mitra kerjanya. Hal itu dilakukan guna mendiskusikan apa saja persoalan yang telah terjadi dan bakal dihadapi.

Komisi B yang membidangi keuangan dan perekonomian tersebut sebelumnya telah memanggil pihak BPKAD terkait keuangan daerah. Kemudian, Senin (16/1) kemarin Komisi B kembali memanggil pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terkait pajak dan retribusi selaku pengumpul pendapatan asli daerah (PAD).

Ketua DPRD Rohil Maston mengatakan, bahwa metode kerja Bapenda ke depan sudah harus ekstra untuk meningkatkan PAD. Meskipun tidak dapat meningkatkan, setidaknya dapat mencapai target yang sudah ditetapkan.

Untuk itu, Maston menyarankan agar pola kerja Bapenda ke depan supaya dalam proses pengutipan Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan sektor pajak lainnya dilakukan door to door (rumah ke rumah).

Pasalnya, kata Maston, apabila masyarakat dianjurkan untuk menyetor pajak melalui Bank atau lainnya dengan sistem online, maka hal ini tidak akan maksimal. Soalnya, kebanyakan masyarakat Rohil sangat masih awam dengan hal seperti itu.

Begitupun, masyarakat akan enggan menyetor langsung ke Bank karena akan menyita waktu ditambah lokasi Bank yang jauh atau bahkan tidak ada di daerah itu.

Adapun sistem cash back bagi petugas pengutip, menurut Maston sangat baik untuk menunjang kinerja. Namun dia menyarankan supaya petugas tidak perlu digaji perbulan, kendati harus ditargetkan tiga bulan dalam setahun harus selesai.

Lanjut Maston, untuk petugas diberikan insentif Rp3000 setiap satu wajib pajak, misalnya. Sehingga ini akan membuat petugas lebih semangat karena ada upah di sana.

"Kalau tiap wajib pajak petugas dapat Rp 3000 saja, saya yakin setiap masyarakat pasti di datangi (door to door), kalau tidak nanti upahnya berkurang. Sehingga nanti tahu mana wajib pajak yang belum terdaftar atau lainnya mudah diketahui," ungkapnya.

Pada dasarnya, kata Maston, pihaknya berharap Bapenda Rohil yang dipimpin oleh Cicik Mawardi Athar ke depannya lebih baik lagi dan maksimal dalam capaian target PADnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Dewan Rohil Sarankan Pengutipan Pajak Door to Door
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica