www.beritaintermezo.com
15:21 WIB - Bupati Nikson Nababan Bangga Taput Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 | 15:13 WIB - Gubri Serahkan Ratusan Wakaf Al-Quran di MAN 1 Pekanbaru | 10:32 WIB - PTPN V Targetkan Integrasi Penuh Digitalisasi E-Plantation 2023 | 20:52 WIB - Terapkan BLUD di Puskesmas, Petugas Sejahtera Masyarakat Sehat | 11:38 WIB - Satpol PP Lakukan Patroli Rutin Dimalam Hari | 14:12 WIB - Lima Tim PTPN V Adu Inovasi Planters Innovation Summit 2022
Wawancara Khusus:
Prof Azyumardi Azra di Mata Dr Anwar Ibrahim: Muslim Moderat, Reformis dan Anti Korupsi
Rabu, 21-09-2022 - 13:57:48 WIB

TERKAIT:
   
 

Malaysia (Beritaintermezo.com)-Politisi kondang Malaysia Dato’ Sri Dr Anwar Ibrahim adalah salah satu tokoh negeri jiran yang datang langsung melayat Prof Dr Azyumardi Azra MPhil MA CBE, Ketua Dewan Pers Indonesia (2022~2027) yang meninggal di Malaysia, Minggu akibat penyakit jantung (18/9). Saat melayat bersama istrinya WA. Azizah Wan Ibrahim di Hospital Serdang Selangor saat itu, Dato’ Anwar yang bersahabat baik dengan Azyumardi, sempat diwawancarai oleh Ridar Hendri, wartawan senior Riau.

Menurut Anwar Ibrahim, dia sudah kenal sejak lama dengan almarhum, karena sering berinteraksi, berdiskusi, dan bekerjasama untuk kepentingan negara masing-masing. "Allahyarham (almarhum-Red) orangnya baik. Intelektual Muslim Indonesia yang moderat," pujinya.

Karena itu beliau dapat menjadi moderator yang bijak dalam menjembatani beragam pemikiran tentang Islam di Indonesia, dan antar ummat beragama. "Tak banyak tokoh Muslim seperti beliau. Saya agak tahu soal ini, bahkan dibandingkan dengan orang-orang Malaysia lainnya," ujar Anwar yang sore itu tampak lebih muda dari usianya.

Kami satu pemikiran.

Karena itu, kata Anwar, bagi anak-anak muda Malaysia yang tergabung dalam ABIM (Angkatan Belia Islam Malaysia), beliau menjadi contoh yang ideal. "Kami selalu jemput beliau untuk memberikan pencerahan kepada kawula muda ABIM. Beliau ke Malaysia kali ini, juga untuk kepentingan itu. Sayang beliau cepat pergi," ujarnya sedih.

Dr Anwar Ibrahim juga salut dengan jiwa reformis yang dimiliki almarhum Prof Azyumardi Azra. "Reformasi dan pembaharuan yang terjadi di Indonesia selama ini, sedikit banyak diwarnai oleh pemikiran almarhum," kata Anwar yang petang itu mengenakan kemeja slim biru muda dan jam tangan digital hitam ala anak muda milenial sekarang.

Tetapi yang paling mengesankan Anwar Ibrahim dari sosok Azyumardi, ialah sikap kental anti korupsi yang dipegang teguhnya. "Prof Azyumardi Azra sangat anti korupsi. Dari segi ini, saya satu pemikiran dengan dia. Sikap ini perlu dipelihara dan dikembangkan-luaskan, karena sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup negara dan masa depan rakyatnya," pungkas Anwar.

Prof Azyumardi Azra meninggal Minggu siang (18/9) setelah sehari mengalami koma dan dirawat di Hospital Serdang Selangor, 35 km dari Kuala Lumpur. Almarhum dilarikan ke rumah sakit itu sesaat setelah mendarat di Bandara KL karena mendadak sesak nafas berat.  Anwar dan istri memberikan support dan kemudahan kepada Du es Indonesia untuk Malaysia yang memulangkan jenazah ke Indonesia. Mantan Wapres Yusuf Kalla mengirim jet khusus untuk membawa pulang jenazah Senin pagi esoknya. Almarhum dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. ***



 
Berita Lainnya :
  • Prof Azyumardi Azra di Mata Dr Anwar Ibrahim: Muslim Moderat, Reformis dan Anti Korupsi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica