www.beritaintermezo.com
14:02 WIB - Polres Pelalawan Ungkap Tiga Kasus Pelecehan Seksual Korbannya Anak di Bawah Umur | 11:18 WIB - UKT Diturunkan Jadi Rp 1 Juta, Siti Aisyah Pilih Kuliah di UPP Agar Bisa Dekat Ayah | 10:24 WIB - Lantik Risnandar Mahiwa Sebagai Pj Wako Pekanbaru, Ini Lima Pesan Pj Gubri | 10:12 WIB - Menyebar Fitnah, Abdul Hamid Laporkan Karel Z ke Polda Riau | 09:59 WIB - Sah, Riau Ditetapkan Tuan Rumah HPN 2025, Diharapkan Lebih Melibatkan Generasi Muda | 19:55 WIB - Pansus III DPRD Meranti Gelar Uji Publik Ranperda Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan UMKM
Cerita Nasywa Nayifa Salsabila, Penerima Beasiswa Prestasi PHR
Kamis, 24-08-2023 - 09:36:29 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Program Beasiswa Prestasi S-1 Pertamina Hulu Rokan (PHR) 2023 disambut antusias siswa dan siswi di Riau, salah satunya Nasywa Nayifa Salsabila salah satu dari sepuluh penerima beasiswa prestasi PHR. Seperti apa kisah Nasywa mendapatkan beasiswa tersebut?

Tercatat, ada 1.786 siswa mendaftar program Beasiswa Prestasi PHR jenjang S-1. Setelah melalui serangkaian seleksi yang profesional, sebanyak sepuluh putra-putri terbaik Riau terpilih untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Pertamina, satu di antaranya Nasywa Nayifa Salsabila, siswi lulusan MAN Insan Cendikia Siak.

Nasywa tak dapat menyembunyikan rasa senangnya usai membaca surat elektronik dari Pertamina Foundation (PF) awal Mei 2023 lalu. Tanpa sadar, air mata terharu mengalir dari sudut matanya. Di dalam surat, dinyatakan ia terpilih sebagai salah satu pemenang Beasiswa Prestasi Jenjang Sarjana (S-1) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

"Saya sangat terharu dan menangis usai menerima kabar bahagia ini," kata pelajar asal Bangkinang, Kampar ini.

Tak sabar, Nasywa langsung mengabari kedua orang tuanya yang sedang berada di luar kota.

"Di ujung telepon, saya mendengar suara bunda bergetar. Sambil mengucapkan selamat atas keberhasilan saya menerima beasiswa penuh dari PHR," ujarnya mengisahkan kembali kebahagiaan itu.

Sejak awal, Nasywa sangat termotivasi mengikuti Program Beasiswa Prestasi S1 PHR setelah mendapat informasi dari guru di sekolahnya pada Maret 2023. Baginya, peluang beasiswa penuh merupakan kesempatan emas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tanpa membebani perekonomian orang tua.

Nasywa sempat pesimis dengan banyaknya peminat. Terlebih, para peserta merupakan siswa terbaik utusan sekolah dari 7 kabupaten dan kota di Riau. Namun Nasywa tetap semangat mengikuti serangkaian seleksi.

"Saya menyadari kuliah tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit. Ini kesempatan saya mendapatkan beasiswa penuh, agar bisa meringankan beban orang tua," tuturnya.

Sejumlah tahapan seleksi dilalui dengan baik, mulai dari seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik (TPA), wawancara, hingga tahap Diskusi Grup Terarah (fokus Grup Discussion-FGD).  

"Di tahap FGD saya sempat grogi karena harus berhadapan dengan teman yang saya kenal sangat hebat. Namun saya berusaha kontrol diri dan tetap santai menjalani prosesnya," ucapnya.  

Namun dengan motivasi dan semangat yang tinggi, Nasywa dapat melawati seleksi ketat ini dengan lancar hingga akhirnya dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa. "Alhamdulillah, ini sangat luar biasa. Tidak pernah terbayangkan bisa melangkah sejauh ini. Tentunya ini berkat doa orang tua," ujarnya.

Nasywa termasuk siswa berprestasi di sekolah. Ia selalu masuk rangking lima besar di kelas. Nasywa juga kerap menjadi utusan sekolah mengikuti lomba bidang ekonomi dan akuntansi. "Kemudian saya menjuarai Olimpiade Sejarah di FKIP Unri di tahun 2022 bersama tim," katanya.

Di bidang non akademik, Nasywa tergabung dalam kegiatan OSIS serta aktif terlibat dalam klub jurnalistik dengan menerbitkan majalah sekolah secara berkala.

Ketertarikannya dengan mata pelajaran ekonomi dan akuntansi membuat Nasywa memilih Jurusan Ekonomi di Unversitas Pertamina. "Penting bagi kita belajar ekonomi karena setiap aktivitas lapisan masyarakat sangat erat kaitannya dengan ekonomi," paparnya.

Nasywa berjanji memanfaatkan kesempatan kuliah di Universitas Pertamina melalui beasiswa penuh dari PHR sebaik-baiknya. "Nasywa berjanji terus berusaha mengejar prestasi. Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan untuk pengembangan diri serta mengikuti berbagai perlombaan dan terlibat aktif di kampus," ucapnya.

Sementara itu, Ayah Nasywa Fahraini Khas mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina Hulu Rokan dan Pertamina Foundation atas kesempatan beasiswa penuh yang diberikan kepada anaknya.  

"Semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masa depan yang lebih cemerlang," ucapnya.

Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat kepada pemenang selama menjalani kuliah. Para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan pendukung serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

"Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau, dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing," kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.***



 
Berita Lainnya :
  • Cerita Nasywa Nayifa Salsabila, Penerima Beasiswa Prestasi PHR
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica