www.beritaintermezo.com
14:02 WIB - Polres Pelalawan Ungkap Tiga Kasus Pelecehan Seksual Korbannya Anak di Bawah Umur | 11:18 WIB - UKT Diturunkan Jadi Rp 1 Juta, Siti Aisyah Pilih Kuliah di UPP Agar Bisa Dekat Ayah | 10:24 WIB - Lantik Risnandar Mahiwa Sebagai Pj Wako Pekanbaru, Ini Lima Pesan Pj Gubri | 10:12 WIB - Menyebar Fitnah, Abdul Hamid Laporkan Karel Z ke Polda Riau | 09:59 WIB - Sah, Riau Ditetapkan Tuan Rumah HPN 2025, Diharapkan Lebih Melibatkan Generasi Muda | 19:55 WIB - Pansus III DPRD Meranti Gelar Uji Publik Ranperda Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan UMKM
Serangkaian HPN ke-77, Kantor PWI Pelalawan Diresmikan
Jumat, 19-05-2023 - 13:18:14 WIB

TERKAIT:
   
 

PELALAWAN (Beritaintermezo.com)- Sejak berdiri tanggal 9 Februari 1946, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memang dilahirkan untuk berjuang. Berjuang bersama masyarakat dan berjuang untuk negara. Kalau waktu awal kemerdekaan, wartawan berjuang untuk kemerdekaan tapi saat sekarang wartawan berjuang untuk kepentingan daerah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, saat memberikan sambutan di acara Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 77 tingkat Kabupaten Pelalawan yang digelar di halaman Kantor PWI Pelalawan, Kamis malam (19/5/2023). Menurutnya, dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah menunjukkan perhatian dan komitmennya pada kawan-kawan wartawan yang ada di sini.

"Ini dibuktikan dengan berdirinya Kantor PWI Pelalawan yang saya nilai megah nomor dua setelah Kantor PWI Bengkalis," katanya.

Lanjutnya, karena itu sebagai bentuk komitmen dan "balas budi" diharapkan wartawan bisa membantu membangun kepentingan-kepentingan daerah lewat pemberitaannya. Meski memang satu-dua wartawan daerah melakukan kritikan sesuai amanat Undang-Undang Pers dimana tugas wartawan adalah melakukan pengawasan dan koreksi.

"Tapi kalau kawan-kawan melakukan kritikan pada daerah, harus dinilai kritikan itu sebagai vitamin atau suplemen bukan sebagai racun oleh pemerintah daerah. Karena sebagai Mitra, kita pun boleh mengkritik Pemda, kitapun boleh mengkritik Forkompinda namun kembali lagi harus diingat bahwa kritikan itu sebagai sebuah vitamin atau suplemen," katanya.

Sebelumnya, Ketua PWI Pelalawan, Zulhamsyah, menyampaikan ucapan terimakasih pada Bupati Pelalawan yang baru pada HPN dan HUT PWI kali ini diwakili Wakil Bupati Pelalawan, Nasaruddin, SH, MH atas mimpi yang telah menjadi sempurna , yakni terwujudnya sebuah kantor untuk PWI Pelalawan.

"Kami dulu kantor menyewa di Jalan Akasia. Tapi saya percaya, keinginan yang dulu hanya sebuah angan, mengendap di alam bawah sadar pada akhirnya maujud menjadi nyata. Meski Gedung Jurnalis yang kini diamanahkan kepada PWI Pelalawan adalah pinjam pakai, namun untuk aturan main dan tata kelolanya kami akan taati," ujarnya.

Wakil Bupati Pelalawan, Nasaruddin, SH, MH, di kesempatan itu mengakui bahwa sebesar apapun pembangunan di suatu daerah bila tak di ekspos, takkan ada yang tahu. Karena itu, kebutuhan pemkab untuk bermitra suatu hal yang mustahak alias wajib.

"Kita memang butuh masukan-masukan khususnya dari PWI Pelalawan, karena di kepemimpinan Zukri-Nasar ini yang kita perlu adalah masukan-masukan dari semua elemen masyarakat, dimana PWI Pelalawan menjadi bagian dari itu" ujarnya.

Dan dalam kepemimpinan Zukri-Nasar ini, lanjutnya, pihaknya mengharapkan Gedung Jurnalis yang diamanahkan ke PWI Pelalawan ini dapat menjadi tempat mengolah pikiran, mengadu ide dan argumentasi sesuai kapasitas wartawan sebagai pemikir intelektual  sekaligus sebagai pilar demokrasi ke empat dalam Demokrasi Pancasila.

Harus diakui, pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga kondisi bangsa dalam keadaan kondusif. Artinya,  peran pers dalam pemerintahan begitu signifikan, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah sesuai sebagai pengawas dan pengontrol," ujarnya.

Usai pemberian piagam penghargaan Sahabat PWI PELALAWAN pada sejumlah Perusahaan yang selama ini bermitra dengan PWI Pelalawan diantaranya; PT Pertamina PHE Kampar, PT RAPP, PT MUSIM MAS, PT. SAU, EMP Bentu Ltd, BUMD TUAH SEKATA dan PT. SARI LEMBAH SUBUR dan Komunitas Stand-up Indo Pekanbaru serta pemberian penghargaan pada Forkompinda Pelalawan. Juga diberikan pula piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan pada juara 1 dan 2 Lomba Stand-up Comedy tingkat SMA yang dilaksanakan PWI Pelalawan.

Suasana acara menjadi pecah saat Kapolres berhasil menghidupkannya dengan 2 lagunya yakni Rumah Kita dari Godbless dan Kamu Tak Sendirian dari grup Tipe X. Lagu terakhir mampu membawa suasana menjadi gairah yang membuat seluruh wartawan ikut bareng berjingkrak dengan Kapolres Pelalawan. ***



 
Berita Lainnya :
  • Serangkaian HPN ke-77, Kantor PWI Pelalawan Diresmikan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica