www.beritaintermezo.com
14:43 WIB - Komisi I DPRD Meranti Gelar Rapat Bersama Mitra Kerja, Bahas Capaian Bersama dan Dampak Program | 13:41 WIB - Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East | 19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Targetkan Selesai Mei, Disdukcapil Inhil Miliki Persediaan 12 Ribu Keping Blanko e-KTP
Senin, 16-04-2018 - 08:28:19 WIB

TERKAIT:
   
 

Inhil (Beritaintermezo.com)-Setelah mendapatkan tambahan blangko e-KTP sebanyak 20.000 keping pada akhir Maret lalu, saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Inhil memiliki persediaan blangko sebanyak 12.468 keping.

Hal itu Dikatakan Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Indragiri Hilir M Nursal, menurutnya, saat ini persediaan blangko Disdukcapil tidak akan khawatir lagi.

"Komitmen Disdukcapil segera akan merealisasikan pencetakan e-KTP milik masyarakat dengan sesegera mungkin sehingga masyarakat secepatnya memperoleh hak mereka dan dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan mereka," ujar mantan Kabag Humas Pemkab Inhil ini.

Untuk merealisasikannya, Disdukcapil Inhil telah membentuk tim percepatan sejak awal tahun 2018 yang lalu, selama bekerja tim percepatan ini telah dapat mencetak sebanyak 48.476 e-KTP.

Disebutkan, pada bulan Januari 16.774 keping, Februari 14.398 keping, Maret 11.952 keping dan April sampai dengan tanggal 13 yang lalu sudah tercetak 5.352 keping.

"Sedangkan target di bulan April ini akan dicetak sebanyak 20.575 keping secara bertahap, Insya Allah target tersebut akan dapat direalisasikan," ujarnya optimis.

Sementara itu menurut evaluasi pihak provinsi melalui sistem administrasi kependudukan di akhir Maret lalu, Inhil sudah mencapai angka 98,55 persen dalam merealisasikan target perekaman wajib e-KTP.

Dari wajib e-KTP Inhil yang sudah terdaftar di sistem dan sudah memiliki Kartu Keluarga (KK) masih terdapat 6.457 wajib e-KTP yang belum melakukan perekaman.

"Kami akan kejar terus dengan strategi jemput bola ke lapangan, di samping juga ada masyarakat yang langsung datang ke Disdukcapil untuk direkam data dirinya agar terdata di sistem administrasi kependudukan ini. Kami targetkan selesai pada pertengahan bulan Mei nanti," sebutnya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman, tetapi belum bisa mendapatkan e-KTP secara fisiknya, maka kepada mereka dapat diberikan Surat Keterangan Perekaman.

Sejak awal tahun 2018 ini, Disdukcapil Inhil sudah mengeluarkan Surat Keterangan (Suket) sebanyak 2.641 lembar, dengan rincian di bulan Januari 949, Februari 785 lembar, Maret 533 lembar dan di bulan April sampai dengan tanggal 13 lalu sudah tercatat 374 lembar.

Hal tersebut sesuai dengan penegasan dari Dirjen Dukcapil melalui suratnya Nomor 471.13/6398/DUKCAPIL tanggal 6 April 2018 lalu, bahwa Surat keterangan perekaman dapat diberikan sebagai pengganti e-KTP sejauh wajib KTP tersebut sudah melakukan perekaman data dirinya dan sudah tercatat di data base sistem administrasi kependudukan.

"Kami sangat berharap dengan semua pihak, mari kita sama-sama menghimbau dan memotivasi masyarakat kita bagi yang belum melakukan perekaman data dirinya, agar segera melakukan perekaman dengan syarat hanya mempersiapkan foto copy KK," harapnya.

Apalagi tak lama akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pilkada Gubernur Riau dan Pilkada Bupati Inhil pada tanggal 27 Juni 2018, dimana e-KTP atau Suket merupakan persyaratan untuk dapat ikut berpartisipasi dalam momen pesta demokrasi tersebut.

"Melalui RT, RW, Kepala Dusun, Pak Lurah, Kades dan Camat serta semua pihak yang tidak dapat kami sebut satu persatu untuk memotivasi masyarakat kita dan selanjutnya memberikan informasi kepada pihak Disdukcapil. Jika masih ada warga masyarakat kita yang sudah wajib KTP tapi belum melakukan perekaman sehingga kami dapat dengan segera menurunkan tim ke lokasi tersebut," tandasnya.(Adv/edy)



 
Berita Lainnya :
  • Targetkan Selesai Mei, Disdukcapil Inhil Miliki Persediaan 12 Ribu Keping Blanko e-KTP
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica