www.beritaintermezo.com
20:13 WIB - Bupati dan Wakil Bupati Bersama Forkopimda Rohil Lepas 54 Peserta Pawai Takbir Idul Adha | 18:51 WIB - Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Bupati Bengkalis Lepas Pawai Obor di Kecamatan Mandau | 17:59 WIB - Idul Adha 1445 H PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan | 17:09 WIB - Hari Raya Idul Adha 1445 H, DPD APDESI Riau Salurkan Satu Ekor Hewan Qurban ke Polres Rohul | 11:42 WIB - Transformasi Regional 4 di Bawah Naungan PTPN IV PalmCo | 10:28 WIB - UNRI Tak Pungut IPI, Peluang Mahasiswa Masuk Jalur SMM-PTN Barat Sangat Besar
Labuhan Tangga Kampung Bebas Narkoba, Contoh Buat Kepenghuluan Lain
Kamis, 14-09-2023 - 07:09:37 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil diresmikan sebagai Kampung Bebas Narkoba oleh Polres Rohil, Selasa (12/9).

Peresmian digelar di Aula Kantor Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru ini dihadiri oleh Bupati Rohil diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan H. M. Nurhidayat SH. MH. Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, SH. SIK. Kasat Narkoba Polres Rohil, Iptu I Gusti Ngurah Kade Martayasa.

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi mengatakan, Permasalahan Narkoba merupakan Pekerjaan Rumah bagi kita semua dan hal ini sudah dilakukan rapat terbatas oleh Presiden RI perihal pemberantasan dan penanganan Narkoba secara extraordinary," ungkapnya.

AKBP Andrian Pramudianto, juga menjelaskan bahwa tugas pemberantasan narkoba bukan hanya tugas polisi, namun perlu peran serta orang tua dalam mendidik anak-anaknya, termasuk memberikan uang jajan secara berkepatutan.

"Pemberantasan Narkoba bukan semata-mata merupakan tugas kepolisian, Peran orang tua sangat penting dalam pencegahan dan penanganan Narkoba dengan cara memberikan pendidikan yang tegas dan juga memberikan uang saku yang sewajarnya agar tidak disalahgunakan," kata Kapolres Rohil.

Dikatakan dia lagi, narkoba tidak hanya menyasar masyarakat, namun ianya juga tidak menafikan adanya keterlibatan oknum polisi di polres Rohil, untuk itu AKBP Andrian Pramudianto juga menyarankan agar mengikuti anjuran pemerintah berupa rehabilitasi pecandu narkoba, serta iapun menghimbau agar masyarakat yang mengetahui memberikan laporan kepada institusi Polri yang dipimpinnya.

"Korban dari penyalahgunaan Narkoba ini bukan hanya dari kalangan masyarakat, bahkan dari 600 orang personel Polres Rohil, kurang lebih seperempatnya terlibat penyalahgunaan Narkoba. Jadi dalam rapat terbatas dengan Presiden RI kemarin, rehabilitasi penyalahgunaan Narkoba akan dilaksanakan di rindam-rindam seluruh Indonesia. Untuk itu ika ada anggota keluarga yang terindikasi Narkoba agar dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas yang ada diwilayah. Dan Kami juga akan memberikan nomor Hotline untuk membantu mempermudah pelaporan tindak penyalahgunaan Narkoba," pungkasnya.

Ka BNK Dumai yang diwakili oleh sekretaris BNK Kota Dumai, AKP Nova Erianti SH, mengatakan penunjukan Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru sebagai kampung bebas narkoba bukan karena tidak adanya narkoba, namun sebagai contoh kepada kampung lainnya dan Rohil menurutnya merupakan daerah rentan terhadap peredaran narkoba.

"Penunjukan kampung ini sebagai Kampung Bebas Narkoba bukan berarti karena diwilayah ini ditemukan banyak pengguna Narkoba, tapi karena wilayah ini dianggap mampu sebagai contoh kepada kampung lain dalam hal minimalisir penggunaan Narkoba. Dan di Provinsi Riau khususnya Kab. Rohil merupakan wilayah yang rentan sebagai jalur keluar masuknya Narkoba karena dikelilingi sungai atau laut," ucapnya.

Bupati Rohil melalui Staf Ahli, H. M. Nurhidayat SH. MH. menyebutkan merasa bangga Kepenghuluan Labuhan Tangga Baru terpilih sebagai Kampung yang dinyatakan bebas Narkoba. Kami berharap kedepannya semakin banyak wilayah di Kab. Rohil yang dinyatakan sebagai kampung bebas Narkoba.

Pemberantasan penyalahgunaan Narkoba sangat membutuhkan peran serta dari masyarakat, oleh karena itu agar masyarakat mendukung aparat penegak hukum yang bekerja. Pemda Kab. Rohil mendukung aktif segala usaha dan upaya dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana penyalahgunaan Narkoba," ujarnya.

Sementara itu, Datuk Penghulu Labuhan Tangga Baru, Darmawan menyatakan kalau pihaknya berupaya memberikan himbauan. dia juga mengatakan kalau masyarakat di desa yang dipimpinnya itu terdiri dari masyarakat petani, sehingga agak kelelahan dan tidak ikut narkoba, namun Darmawan menghawatirkan karena Desanya berada di wilayah yang memiliki potensi besar beredarnya narkoba.

"Sebagai Datuk Penghulu kewenangan kami hanya sebatas untuk menghimbau, namun untuk menangkap kewenangan itu tidak ada pada kami. Adapun Warga kepenghuluan Labuhan Tangga Baru yang mayoritas adalah petani, yang setiap selesai beraktivitas tentu merasa capek dan membutuhkan istirahat sehingga tidak berpikiran untuk menggunakan Narkoba.

Akan tetapi kampung ini dikelilingi oleh wilayah-wilayah yang tindak pidana penyalahgunaan Narkobanya tinggi sehingga merupakan tugas yang cukup berat untuk menjaga kampung ini," Pungkas Darmawan. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Labuhan Tangga Kampung Bebas Narkoba, Contoh Buat Kepenghuluan Lain
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica