www.beritaintermezo.com
13:36 WIB - Kepala BP Batam M Rudi Terima Kunjungan SMSI Riau | 18:23 WIB - KPU Plenokan Anggota DPRD Kota Pekanbaru Terpilih Pada Pemilu Tahun 2024 | 15:21 WIB - Anggota DPR Riau H Sukarmis Ditahan Kejari Kuansing | 20:31 WIB - Imigrasi Pekanbaru Serahkan Tersangka WNA Kasus Pelanggaran Tindak Pidana Keimigrasian ke Kejaksaan | 17:28 WIB - Kadiskominfotik Riau Buka Workshop SEO Media Perusahaan Pers SMSI Riau | 16:32 WIB - PT Sari Lembah Subur Berperan Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit
Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai
Kamis, 25-04-2024 - 01:51:21 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Anggota DPRD Provinsi Riau terpilih pada pemilu legislatif tahun 2024 dari dapil Rokan Hilir, Naladia Ayu Rokan yang akan mengakhiri masa lajangnya sedang menjalani Prosesi Pernikahan adat Melayu Riau dengan melaksanakan berandam dan malam berinai di kediaman rumah dinas Bupati Rohil, Selasa (22/4) di komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Rohil Propinsi Riau.

Naladia Ayu Rokan yang merupakan putri sulung dari pasangan Bupati Rohil Afrizal Sintong, S.IP, M.Si dan Sanimar, S.Pd akan melangsungkan akad nikah pada hari Rabu (23/4) dengan pasangannya Bripka Ricki Hardiansyah, putra ketiga dari H. Hendri (H.Kantan) dan Hj. Ema Situmorang.

Sebelum melangsungkan akad nikah, sebagai orang Melayu yang selalu menjunjung tinggi adat istiadat suku Melayu Riau secara turun temurun, Naladia Ayu Rokan sebagai perempuan melayu yang akan menikah juga mengikuti dan melaksanakan Prosesi pernikahan dengan adat istiadat Melayu Riau. Dimana seorang perempuan melayu sebelum melangsungkan akad nikah akan menjalani prosesi berandam dan malam berinai.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Rohil Datuk Sri Nasrudin Hasan melalui Ketua bidang seni dan budaya LAM Rohil, Delsi Hendria, A.Md, SN alias Idel menjelaskan secara ringkas terkait tradisi berandam, dimana berandam merupakan sebuah tradisi yang memiliki tujuan membersihkan diri bagi calon mempelai perempuan. Dan Prosesi berandam dilakukan di rumah calon pengantin perempuan, di saksikan oleh orang-orang terpilih yang dituakan atau lobai-lobai dan dipimpin oleh seorang Mak Andam.

Dan peralatan yang digunakan dikatakan Idel adalah benang putih, kain putih, pisau cukur, gunting, dan telur. Serta makna dari Tradisi berandam adalah untuk membentuk keindahan dari dalam dan luar diri calon pengantin perempuan serta membuat perbedaan terhadap keseharian calon pengantin perempuan sebelumnya.

"Dalam rangkaian acara pernikahan anak pak Bupati Rohil, ananda Naladia Ayu Rokan dengan Ricki Hardiansyah, sebagai perempuan melayu tetap menjalankan tradisi dan adat istiadat Melayu walaupun dunia modern juga masuk nantinya. Dimana seorang perempuan melayu yang akan menikah, sebelum ijab qobul akan melaksakan berandam dan malam berinai," kata Delsi Hendria.

Adapun tahapan berandam itu, pertama disiapkan pengantinnya lalu disucikan dan dibersihkan mukanya, menjernihkan mukanya serta bagaimana membangkitkan aura mukanya dengan memotong sebagian rambut atas bagian depan atas. Pada intinya berandam ini bagaimana membangkitkan aura pada muka atau wajah calon pengantin perempuan yang dilakukan Mak andam di hadapan orang ramai," terangnya.

Dikatakan Delsi, calon pengantin perempuan dimandikan oleh kedua orang tua, sanak saudara untuk membersihkan diri serta di iringi doa-doa agar proses pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar menuju pernikahan yang sakinah mawaddah Warohmah.

Setelah prosesi berandam dikatakan Delsi, dilanjutkan dengan berinai curi pada malam harinya. Kenapa dikatakan Inai curi, di dalam adat Melayu sebelum si pria berada disitu, maka yang disebut Inai itu adalah berasal dari daun pacar namanya yang dicampur dengan bahan lain diolah dan dihaluskan sehingga menjadi bahan disebut inai.

"Jadi pacaran bagi orang melayu dimulai dari malam berinai sampai menjelang ijab qabul. Untuk prosesi berinai curi dilakukan sebelum ijab qabul. Dan sebelum acara ijab qobul ada namanya runding ninik mamak yang melakukan perundingan, prosesi ini sangat penting  dan memutuskan secara adat apakah kedua insan tersebut bisa atau tidak dinaikan statusnya untuk disatukan atau di ijab qabulkan," ungkapnya.

Setelah dilakukan Ijab qabul, besok paginya akan dilakukan berinai lebai atau tepuk tepung tawar yang dilakukan para lobai-lobai dan keluarga disertai doa - doa. Kemudian pada esok harinya akan dilakukan arakan-arakan pengantin sebagaimana yang dilakukan orang Melayu pada masa dulu dengan membawa Manggar pengantin, tabur beras kunyit, bertukar tepak dan disambut dengan pencak silat.Dan insyaallah hal itu masih tetap dilakukan dimasa sekarang," jelasnya.

Sebelumnya, pada prosesi malam berinai, Bupati Rohil Afrizal Sintong sebagai orang tua dari Naladia Ayu Rokan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir pada malam berinai tersebut serta memohon doa restu dari para undangan yang hadir.

"Atas nama keluarga, kami mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan sekalian yang hadir pada kegiatan malam berinai ini, mohon doa serta restu kepada anak kami Naladia Ayu Rokan agar kelak menjadi keluarga yang bahagia, sakinah mawaddah dan Warohmah," kata Afrizal Sintong.

Acara berinai merupakan sebuah tradisi masyarakat melayu sebelum akad nikah di laksanakan dan sebagai warisan budaya Melayu yang harus tetap dilestarikan, di mana tradisi ini mencerminkan kebanggaan akan identitas budaya melayu yang kaya, beragam dan masih tetap terjaga hingga saat ini," terangnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica