www.beritaintermezo.com
12:06 WIB - Polsek Simpang Kanan Pamwal Pergeseran Logistik Pemilu 2024 dari PPK ke KPU Rohil | 12:00 WIB - Bupati Rohil : Pemerintah Daerah Tidak Pernah Membedakan Suku dan Agama Apapun di Rohil | 11:32 WIB - Petani Sawit Kalbar Adopsi Pola Kemitraan Petani dan PTPN IV Regional 3 Riau | 21:25 WIB - Bedah Novel Lansung Alang Tiga, Istilah Pahlawan Dunia Melayu. | 18:01 WIB - Arminareka Perdana Rohil Adakan Silaturahmi Dan Reuni Akbar Bersama Jama'ah Umroh | 15:09 WIB - Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
PWI Rohul Asah Kemampuan Wartawan Menulis Feature
Selasa, 02-05-2023 - 20:26:13 WIB

TERKAIT:
   
 

SUMBAR (Beritaintermezo.com)–Sebanyak 19 orang wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rokan Hulu (Rohul), Riau, mengasah kemampuan anggotanya dalam menulis karya jurnalistik, salah satunya menulis feature atau karangan bebas.

Tak tanggung tangung, kegiatan pengembangan kemampuan jurnalistik itu, dilaksanakan di Hotel Cavery Beach, Bungus, Padang, Sumatera Barat, pada Sabtu, 29 dan Ahad, 30 April 2023.

Ketua PWI Rohul, Amin Syukri, mengatakan, kegiatan yang diberi tema 'In–depth  Writing Workshop Penulisan Feature Pariwisata' itu dilaksanakan untuk meningkatan kemampuan wartawan, khususnya anggota PWI di Rohul.

"Kami ingin menampilkan karya jurnalistik yang enak dibaca, mudah dimengerti, dan tak bertele-tele. Sehingga berita yang disuguhkan kepada publik bisa lebih menarik dan tidak kaku,$ ujar Amin yang juga wartawan MX itu, Ahad (30/4/2023) di Padang.

Amin mengungkapan, dalam pelatihan tersebut, PWI Rohul menghadirkan dua narasumber yang merupakan wartawan senior di bidang penulisan berita feature.

Mereka diantaranya Firdaus Abie merupakan Direktur dan Pemimpin Redaksi Rakyat Sumbar dan Syam Irfandi yang merupakan Chief Of Center Languange, literature & Culture Studies.

"Kita menghadirkan wartawan senior untuk memimbing rekan-rekan dari PWI Rohul dalam penulisan feature. Keduanya adalah Firdaus Abie, dan Syam Irfandi. Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, wartawan bisa menyerap ilmu yang disampaikan narasumber. Sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi yang baik bagi publik," harap Amin.

Sementara, dalam kegiaitan tersebut, Direktur Harian Rakyat Sumbar, Firdaus Abie menyampaikan trik dan cara penulisan berita feature.

"Feature adalah seni menulis keindahan jurnalistik, dengan menggambarkan, merasakan. Kemudian, disajikan dengan cara bertutur, sehingga bisa dirasakan oleh pembaca secara mendalam," jelas Firdaus.

Ia juga mengajak peserta, agar menulis feature harus melakukan penggalian lebih dalam, kemudian tulis dulu apa yang mau akan ditulis, agar bisa mengalir saat menyajikannya.

Di tempat sama, Syam Irfandi mengatakan, berkenaan dengan pariwisata, model jurnalisme sastrawi sangat cocok diterapkan dalam penulisan in-depth Feature karena dapat memberi nilai lebih pada rasa kepada pembaca.

“Bila sebuah tulisan adalah tubuh, jurnalisme sastrawi dianalogikan sebagai roh yang menghidupkan tulisan itu sendiri, sehingga pembaca benar- benar merasakan pengalaman penulis saat memaparkan liputan terkait pariwisata,” imbuh Syam

Lanjut Syam, meski ragam jurnalisme sastrawi menerapkan unsur- unsur sastra dalam penulisan, tetapi tetap mengutamakan kaidah jurnalistik.

 "Ini karya jurnalistik, bukan fiksi, jadi tetap mengedepankan kaidah jurnalistik dalam penulisannya. Tetap ada unsur 5W1H, cover booth side bahkan wajib taat pada aturan sebagai mana tertuang pada kode etik jurnalistik, Pedoman Penulisan Ramah Anak serta berbagai regulasi atau undang- undang yang berlaku,"  ungkap Syam lagi.

Syam menambahkan, karya jurnalistik dalam bentuk in-depth tidak akan pernah tergerus masa, meskipun berita atau kejadiannya sudah berlangsung lama, namun tetap enak dibaca.

Di akhir kegiatan, Syam Irfandi menyerahkan buku berjudul "Dancing Of Paper" Selected Poems & Short Stories kepada Penasehet PWI Rohul Maruba P. Habeahaan, Engki Prima Putra dan Ketua PWI Rohul Amin Syukri.***



 
Berita Lainnya :
  • PWI Rohul Asah Kemampuan Wartawan Menulis Feature
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica