www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Pemkab Karimun Prioritaskan Penanganan Banjir
Senin, 08-01-2018 - 07:47:49 WIB
Bupati Karimun Aunur Rafiq
TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Banjir yang kerap melanda seluruh wilayah di Kabupaten Karimun menjadi perhatian pemerintah setempat. Pada 2018 ini, Pemkab Karimun memperioritaskan penanganan banjir dengan melakukan revitalisasi gorong-gorong, drainase dan pintu air.

"Penanganan banjir menjadi skala prioritas pada pembangunan 2018 ini. Beberapa titik wilayah di Karimun seperti di Gang Awang Noor, belakang Polres, Kuda Laut, Paya Rengas dan beberapa titik lain yang selalu menjadi langganan banjir saat musim penghujan," ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq, minggu (7/1).

Di Gang Awang Noor, misalnya, penyebab banjir yang melanda kawasan yang berada di Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral karena terputusnya saluran air di Komplek Bea Cukai Kepri. Sehingga, aliran air dari kawasan padat penduduk yang berada di atasnya jadi tersumbat.

Untuk mengatasi terjadinya banjir di Baran Tiga itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karimun akan memfungsikan gorong-gorong atau drainase yang sudah tertutup di Komplek Bea Cukai tersebut. Drainase itu akan dilakukan pelebaran sesuai dengan kebutuhan atau daya tampung air. Pekerjaan itu sudah selesai dilaksanakan.

"Penyebab banjir di Kelurahan Baran Barat ini sudah kami ketahui. Ternyata, ada tiga titik gorong-gorong di Komplek Bea Cukai yang sudah tidak berfungsi. Sehingga, air yang ada diatasnya jadi tersumbat. Makanya, ketika hujan turun seharian selalu terjadi banjir," tuturnya.

Kata Rafiq, revitalisasi gorong-gorong tersebut pengerjaannya sebagiannya sudah dilaksanakan oleh Dinas PUPR Karimun. Bukan hanya gorong-gorong, pembangunan pintu air di sejumlah wilayah yang kerap dilanda banjir rob seperti di Pulau Buru juga akan dilaksanakan pada 2018 ini.

"Untuk pembangunan pintu air di Pulau Buru, akan dilaksanakan pada 2018 ini. Saya sudah turun ke lokasi yang kerap dilanda banjir rob di daerah itu bersama dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang. Setelah kami cek, kegiatan itu bisa dilaksanakan pada tahun ini," tutur Rafiq.

Banjir rob atau pasang keling memang sudah menjadi langganan warga Pulau Buru dan Tanjungbatu Kecil, Kecamatan Buru. Banjir karena terjangan air pasang itu sudah terjadi sejak puluhan tahun silam. Bahkan, saking dahsyatnya terjangan air laut, hampir semua rumah di wilayah pesisir Pulau Buru terendam banjir hingga lutut orang dewasa.

"Banjir kali ini paling parah, Pak. Jauh lebih parah jika dibandingkan dengan banjir akhir tahun 2017 kemarin. Kali ini hampir seluruh wilayah tepi pantai di Pulau Buru yang terendam. Ketinggian air bahkan hingga lutut orang dewasa," ungkap Fitri, warga Teluk Dalam, Kecamatan Buru, Jumat (5/1).

Kata Fitri, akibat banjir musiman yang menghantam pemukiman warga di Pulau Buru, aktivitas warga jadi terganggu. Warga lebih disibukkan dengan membersihkan rumah dan mengangkat perabotan yang terendam air bah, ketimbang keluar rumah untuk bekerja menafkahi keluarga.

"Kasihan warga di sini. Semuanya disibukkan dengan menguras air yang masuk ke rumah. Mereka mengangkat kursi, tempat tidur dan perabotan rumah lainnya agar tidak terendam air. Warga sebenarnya sudah tidak tahan tiap sebentar harus terus-terusan menghadapi banjir seperti ini," pungkasnya. (hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • Pemkab Karimun Prioritaskan Penanganan Banjir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica