www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Bupati Karimun Jadi Khatib Salat Ied
Kamis, 23-08-2018 - 06:11:25 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Bupati Karimun, H Aunur Rafiq menjadi khatib shalat ied di Masjid Baitul Karim, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Karimun, Rabu (22/8) pagi. Dalam kutbahnya, Aunur Rafiq menjelaskan tentang makna berkurban bagi umat Islam. Dia menyebut, dalam berkurban kaum muslimin harus meneladani kekikhlasan Nabi Ibrahim.

"Berkurban itu artinya pendekatan diri kepada Allah SWT. Bagaimana kita mengikhlaskan diri sebagaimana kurban yang pernah dilakukan oleh bapak para nabi yakni Nabi Ibrahim AS. Beliau mengajarkan kita bagaimana memaknai keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Bahkan, ikhlas ketika diminta untuk menyemblih Ismail, anaknya sendiri," ungkap Aunur Rafiq.

Kata Rafiq, banyak teladan yang bisa dipetik dari peristiwa kurban yang dialami Nabi Ibrahim dengan anaknya Ismail. Salah satunya, mengajarkan umat manusia dalam mendidik anak. Bagaimana mendidik anak menjadi seorang yang patuh dan taat dalam menjalankan perintah Allah serta menghormati kedua orang tuanya.

"Kita bisa pelajari, bagaimana keredhaan Nabi Ibrahim ketika menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Begitu juga, keikhlasan dari Ismail melaksanakan perintah Allah. Dengan keikhlasan itu, maka Allah mengganti Ismail dengan seekor kibas yang sehat. Sehingga, peristiwa itu kita jalankan dalam bentuk berkurban," tuturnya.

Aunur Rafiq juga menyebut, makna kurban juga pembelajaran dan pembersihan diri. Kurban bisa menghilangkan sifat sombong, iri, dengki dan tamak. Seorang muslim yang melaksanakan kurban akan merasa dekat dengan Allah SWT. Melalui hewan kurban, dia juga ingin berbagi dengan sesama muslim lainnya.

Usai shalat ied, Bupati Rafiq juga menyerahkan satu ekor sapi kepada pengurus atau panitia kurban Masjid Baitul Karim. Sapi tersebut merupakan sumbangan dari Pemkab Karimun. Aunur Rafiq ikut menyaksikan sendiri proses penyembelihan sapi tersebut. Di Masjid Baitul Karimun, jumlah hewan kurban sebanyak 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

"Alhamdulillah, berdasarkan informasi dari panitia kurban Masjid Baitul Karim, jumlah hewan kurban 2018 ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah hewan kurban, 7 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Daging kurban ini nantinya akan disalurkan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," terangnya.

Begitu juga jumlah hewan kurban di Kabupaten Karimun secara keseluruhan juga mengalami peningkatan. Saat ini, berdasarkan data yang masuk ke Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, jumlah hewan kurban yang sudah masuk sebanyak 583 ekor. Dengan rincian, 318 ekor sapi dan 165 ekor kambing. Namun, jumlah tersebut bisa saja akan bertambah.

"Jumlah hewan kurban yang baru terdata di Dinas Pangan dan Pertanian sebanyak 583 ekor. Tapi itu baru data sementara, kemungkinan dalam beberapa hari ke depan jumlahnya akan terus bertambah. Kita akan terus pantau selama 3 hari ke depan, karena di beberapa titik masih dalam pendataan dan laporannya juga belum masuk," pungkas Rafiq. (hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Karimun Jadi Khatib Salat Ied
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica