www.beritaintermezo.com
15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling | 10:13 WIB - Pemprov Riau Ajukan Bantuan 6 Helikopter Water Bombing
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Ingatkan Pemerintah 3 Hal Terkait Zonasi Wilayah Pesisir
Selasa, 22-09-2020 - 06:02:38 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (Beritaintermezo.com) - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) DPRD Riau mendukung Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil atau yang lebih dikenal dengan istilah RZWP3K.

Hal tersebut disampaikan PDIP dalam pandangan umum fraksi, dimana fraksi PDIP menilai Raperda ini sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pelopor poros maritim dunia.

Adapun 3 Hal yang diingatkan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau kepada Pemerintah adalah :
1. Minimalisir terjadinya Komplik antar provinsi
2. Mengedepankan kepentingaj masyarakat lokal
3. Pemanfaatan kawasan pesisir yang ramah yang ramah lingkungan san berkelanjutan.

"Hal ini berarti bahwa kelautan menjadi salah satu sektor andalan dalam peningkatan pendapatan dan perekonomian serta menjadi nilai tambah dan nilai tawar Indonesia di mata dunia," kata Ketua Fraksi PDIP Riau, Syafaruddin Poti kepada awak media, Senin 21 September 2020.

Bicara kelautan, lanjutnya, tentu tak terlepas dari Wilayah Pesisir yang mempunyai kaitan erat dengan keberadaan laut itu sendiri, Provinsi Riau saat ini memiliki 7 ( tujuh ) Kabupaten/Kota yang berada di daerah pesisir, yang menjadi lokomotif kegiatan-kegiatan perekonomian baik skala Nasional maupun internasional.

Jika ini dikelola dan mempunyai payung hukum yang jelas dan memadai, maka akan memberikan dampak yang cukup besar dalam roda perekonomian di Provinsi Riau.

Pun begitu, PDIP mengingatkan Pemerintah untuk bisa memperhatikan tiga prinsip dalam menyusun Ranperda ini, yakni meinimalisir terjadinya konflik antar provinsi, mengedepankan kepentingan masyarakat lokal, dan pemanfaatan kawasan pesisir yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Kita tahu bahwa beberapa wilayah pesisir yang dimiliki oleh daerah ini berbatasan langsung dengan Provinsi tetangga yang juga sedang bahkan telah menyelesaikan Perda RZWP3K nya," kata Wakil Ketua DPRD Riau Zukri.

Agar di kemudian hari tidak menimbulkan konflik baik dalam pengelolaan maupun masyarakat saat berjalannya Perda ini, maka menurut Zukri, diperlukan komunikasi baik oleh pemerintah dalam penyusunan dokumen yang akan dijadikan bahan penyusunan Perda ini maupun oleh Pansus yang diamanahkan bekerja untuk memfinalkan Rancangan Perda RZWP3K ini.

Terkait kepentingan masyarakat lokal, memang seharusnya setiap aturan yang dibuat wajib diperuntukkan kepada kesejahteraan dan memberikan ruang kepada masyarakat, Zonasi Wilayah Pesisir ini diharapkan bisa membantu masyarakat tempatan (lokal) baik dalam pemanfaatan maupaun dari segi peluang ekonominya.

"Jangan sampai peraturan daerah ini nantinya menjadi mata pisau yang mengancam keberadaan masyakarat lokal itu sendiri. Jangan sampai Peraturan ini nanti sepenuhnya untuk kepentingan dan kemudahan para pengusaha dan Investor tanpa mempertimbangkan masyarakat dan kearifan lokal," jelasnya.

Selanjutnya, terkait pemanfaatan kawasan pesisir yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Zukri menyebut eksplorasi laut Indonesia yang dilakukan oleh dunia usaha baik legal maupaun illegal merusak biota-biota laut dan terumbu karang.

Disamping itu, pembuangan limbah-limbah industri yang mencemari perairan laut juga masih banyak ditemukan di wilayah-wilayah pesisir.

"Oleh karena dalam penyusunan Perda ini hendaknya memperhatikan dan menekankan pada Produk hukum yang tidak mengabaikan kelestarian lingkungan serta berkelanjutan," tutupnya.***(bic)



 
Berita Lainnya :
  • Fraksi PDI Perjuangan DPRD Riau Ingatkan Pemerintah 3 Hal Terkait Zonasi Wilayah Pesisir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica