www.beritaintermezo.com
05:44 WIB - Gubri Syamsuar Sabet Enam Kategori Anugerah Adinata Syari'ah 2023 | 05:42 WIB - Plt Bupati, Tutup Turnamen U-40 Piala Ketua PSSI Meranti | 05:40 WIB - 10 Desa Ikut Berlomba di MTQ Kecamatan Rangsang Pesisir | 05:38 WIB - Jelang Pengukuhan 2 Juni, Kadin Provinsi Riau Audiensi dengan Gubernur Syamsuar | 09:23 WIB - Bersama Sejumlah Tokoh, Eddy Yatim Dianugerahi PWI Riau Award 2023 | 09:20 WIB - Kembangkan Talenta Digital Muda Medan, Indosat dan KADIN Gelar Pelatihan IT & Coding Sektor Perikana
Dikirim ITB ke Jerman, Putra Wartawan Senior Riau Ikut Pertukaran Mahasiswa S2
Senin, 03-04-2023 - 08:07:44 WIB

TERKAIT:
   
 

Bandung (Beritiantermezo.com)-Fajar Triadi SArs asal Pekanbaru Riau, mahasiswa S2 Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), dikirim kampusnya ke Jerman mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Musim Panas (Student Exchange Summer). Dia terbang dari Jakarta, Senin (3/4/23) dinihari menggunakan pesawat Qatar Airways menuju Frankfurt selama 18 jam, termasuk transit tiga jam di Doha.

Menurut Fajar, dia akan menimba ilmu arsitektur selama satu semester di kampus Technischen Universit├Ąt Darmstadt, yang dikenal sebagai ITB-nya Jerman. "Saya akan belajar secara full di sana sekitar empat bulan hingga akhir Juli. Tapi, sebulan terakhir ini saya sudah mengikuti kursus Bahasa Jerman secara online dari Bandung," katanya melalui WhatsApp dua jam sebelum terbang.

Putra ketiga dari Pasangan Ridar Hendri dan Dr dr Elmi SpA ini, menempuh pendidikan dasar dan menengah di Pekanbaru, yaitu SDN 001 (Teladan) Rintis, SMPN 1, dan SMAN 8. Sedangkan gelar sarjana arsitektur diraihnya di Universitas Trisakti Jakarta pada awal 2020. Remaja kelahiran 1996 ini mengaku, semula, begitu selesai S1 dia ingin bekerja sebagai arsitek. Tetapi, karena suasana Covid, dimana lapangan kerja terbatas, dia setuju saja dengan saran ayahnya untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S2. "Karena itu, saya kursus Bahasa Inggris lagi, dan memburu beasiswa dari berbagai negara, termasuk Jepang dan Australia. Syukur sekali, awal 2021, saya diterima di Arsitektur Pascasarjana ITB," kenangnya.

Persis dua tahun kuliah di ITB, 22 Februari 2023, Fajar lulus dengan predikat sangat memuaskan, walau belum sempat mengikuti yudisium karena keburu harus berangkat ke Jerman. "Waktunya memang agak mepet. Jadi, yudisium dan wisudanya, tentu nanti sepulang dari Jerman saja," kata Ir Ridar Hendri MSi, sang ayah, menambahkan.  

Fajar adalah salah satu dari tiga mahasiswa ITB yang lolos ikut program "Student Exchange Summer" ke Eropa pada semester musim panas tahun ini. Namun menjadi satu-satunya peserta program yang ditempatkan di Jerman. Kampus Technischen Universit├Ąt Darmstadt akan menanggung semua uang kuliah, fasilitas asrama (dorm), fasilitas ruang studio arsitektur, dan shuttle bus gratis. Namun tiket pesawat, dan biaya sehari-hari ditanggung mahasiswa peserta program.

Di Jerman, Fajar akan mengikuti kuliah (summer course), dan praktikum. "Insyaallah saya akan manfaatkan waktu yang singkat ini untuk menggali semaksimal ilmu dan teknologi arsitektur yang berkembang di dunia saat ini," katanya. Tesis Fajar di ITB, mengkaji optimalisasi pemanfaatan building integrated photovoltaic pada rumah susun dengan metode parametrik. Yakni, menganalisis optimalisasi pemanfaatan energi matahari (panel surya) sebagai sumber listrik murah untuk rumah susun.***



 
Berita Lainnya :
  • Dikirim ITB ke Jerman, Putra Wartawan Senior Riau Ikut Pertukaran Mahasiswa S2
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica