www.beritaintermezo.com
14:02 WIB - Polres Pelalawan Ungkap Tiga Kasus Pelecehan Seksual Korbannya Anak di Bawah Umur | 11:18 WIB - UKT Diturunkan Jadi Rp 1 Juta, Siti Aisyah Pilih Kuliah di UPP Agar Bisa Dekat Ayah | 10:24 WIB - Lantik Risnandar Mahiwa Sebagai Pj Wako Pekanbaru, Ini Lima Pesan Pj Gubri | 10:12 WIB - Menyebar Fitnah, Abdul Hamid Laporkan Karel Z ke Polda Riau | 09:59 WIB - Sah, Riau Ditetapkan Tuan Rumah HPN 2025, Diharapkan Lebih Melibatkan Generasi Muda | 19:55 WIB - Pansus III DPRD Meranti Gelar Uji Publik Ranperda Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan UMKM
Ikuti Trend Ngopi Masa Kini, Eddy Yatim Gagas Pelatihan Barista
Kamis, 16-11-2023 - 05:41:54 WIB

TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (Beritiantermezo.com)-Trend menikmati kopi masa kini, mulai bergeser terutama di kalangan anak muda. Jika sebelumnya kedai kopi di Riau khususnya daerah pesisir, disajikan secara tradisional, kini mulai melanda gaya penyajian dengan keahlian khusus berbasis espresso oleh Barista.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim, S.Sos, M.Si, saat membuka pelatihan Barista (Pengelolaan Kopi) di Hotel Bono, Pekanbaru, Rabu 15 November 2023.

"Profesi Barista saat ini sudah menjadi salah satu keterampilan yang penting dikembangkan di Provinsi Riau. Apalagi kegiatan ngopi mulai dari dulu sudah menjadi kebiasaan dan tradisi bagi masyarakat Riau. Melalui kedai kopi, bisa menjalin silaturahmi, ada aspek ekonomi, sosial dan politik juga," ujarnya.

Ditambahkan Eddy Yatim, tradisi ngopi sudah menjadi turun temurun di Riau, terutama di daerah pesisir seperti di Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dijelaskannya, Barista adalah sebutan bagi orang yang punya keahlian khusus untuk membuat dan menyajikan minuman berbasis espresso, yakni jenis minuman kopi yang diekstraksi memakai mesin khusus (mesin espresso).

"Inilah perkembangan trend cara ngopi anak muda masa kini. Tentu trend ini menjadi market baru yang harus ditangkap sebagai peluang. Bahkan model kopi barista kini sudah masuk ke kampus-kampus," jelasnya.

Eddy mengharapkan melalui kegiatan ini para peserta mendapatkan pengalaman dan keterampilan yang lebih, sehingga dapat dikembangkan di daerah asal masing-masing.

"Mengikuti trend menikmati kopi ini juga merupakan peluang usaha. Saya berharap kedepan teman teman dapat membuka usaha sesuai trend yang berkembang. Sekarang ambil dulu ilmunya, kalau masalah modal nanti kita cari jalannya," pungkas politisi Partai Demokrat ini.

Setelah pembukaan di Pekanbaru, kegiatan pelatihan yang diikuti 25 orang se-Riau itu akan dilanjutkan dengan melihat langsung cara pengolahan kopi Barista ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peserta akan mengunjungi kebun kopi lereng Merapi, serta mengikuti pelatihan dan praktek dari Coday Coffee Lab Pembina Barista Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Turut hadir saat pembukaan kegiatan itu, Kadis Parekraf Provinsi Riau diwakili Kepala Bidang Ekonomi Ekonomi Kreatif, Amri Setiawan beserta para Kasi dan Staf.***



 
Berita Lainnya :
  • Ikuti Trend Ngopi Masa Kini, Eddy Yatim Gagas Pelatihan Barista
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica