www.beritaintermezo.com
21:34 WIB - Dihadiri Wakil Ktua DPRD Riau dan Wakil Bupati Bengkalis, PWI Riau Potong 9 Ekor Kurban | 19:55 WIB - Partai Golkar Pelalawan Potong 1 Ekor Sapi Kurban | 19:52 WIB - Pemberian Kapolres, Iedul Adha Tahun Ini PWI Pelalawan Perdana Potong 1 Sapi Qurban | 19:48 WIB - Berbagi Keberkahan, PTPN IV Regional III Salurkan 20.000 Paket Daging Kurban | 19:43 WIB - Bupati Rohil dan Masyarakat Doakan Jamah Haji | 20:13 WIB - Bupati dan Wakil Bupati Bersama Forkopimda Rohil Lepas 54 Peserta Pawai Takbir Idul Adha
PHR Borong Juara Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024
Sabtu, 08-06-2024 - 08:36:35 WIB
Tim dari PHR memaparkan majalah solusi inovasi memanfaatkan Artificial Inteligence (AI) dan Machine Learning (ML) pada Rencana Kerja Produksi, Metering dan Perawatan Fasilitas (PPF) SKK Migas 2024 di Surabaya, Rabu (5/6/2024).
TERKAIT:
   
 

Surabaya (Beritaintermezo.com)-PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tampil sebagai pemenang pada kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024. PHR menang dalam dua kategori sekaligus dan meraih penghargaan khusus yang diumumkan pada penutupan  Kegiatan Rencana Kerja Produksi, Metering dan Pemeliharaan Fasilitas (PPF) 2024 di Surabaya, Rabu (5/6/2024).

PHR berhasil mengungguli 35 tim lainnya dari berbagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan menampilkan Solusi inovatif memanfaatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) untuk meningkatkan produksi, keandalan dan efisiensi operasi.

Para pemenang juga berkesempatan memaparkan makalah inovasinya di hadapan peserta Raker PPF SKK Migas 2024. Adapun inovasi yang meraih juara yakni Heavy  Equipment Request Order atau Digital HERO sebagai  juara pertama kategori Proof Of Concept (POC). Lewat pendekatan digitalisasi, inovasi ini membantu mengoptimalkan waktu perpindahan alat berat dalam aktifitas pengeboran menjadi lebih singkat dan efisien.  

Sedangkan untuk kategori Implemented diraih Artificial Lift Intelligence (ALI) atau AI Based Inferred Production (ABI-PRO) yang mampu  memprediksi kinerja pompa di setiap sumur. Penerapan teknologi machine-learning ini mendeteksi lebih dini apabila kinerja pompa menurun sehingga harus dilakukan perawatan.

Sedangkan juara kedua diraih inovasi SI PINTAR yang merupakan Sistem Pengaturan Distribusi Injeksi Uap Terpadu. Inovasi ini membantu pembuatan keputusan yang tepat untuk distribusi injeksi uap di lapangan Duri saat mengalami kondisi abnormal seperti suplai gas yang kurang.

PHR juga mendapatkan penghargaan kategori khusus atau Honorable Mention atas aplikasi Venus yang merupakan pengembangan dari kecanggihan e-Mars 2.0 (Minas Advance Reactivation Strategy) sebagai AI-expert system yang diciptakan oleh para pekerja PHR ini untuk mendukung inisiatif strategis juga ditampilkan. e-Mars terbukti mampu mengaktifkan kembali sumur-sumur non produktif. Sejauh ini, e-Mars telah berhasil mengaktifkan kembali lebih dari 700 sumur non produktif sejak alih kelola di WK Rokan.

VP Operation & Maintenance (O&M) PHR I Gede Putu Ambara Guna yang turut hadir pada pengumuman pemenang kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024 mengapresiasi pencapaian para pekerja PHR atas inovasi yang dilahirkan. Pendekatan digitalisasi dan teknologi dinilai sangat berkontribusi dalam upaya meningkatkan keandalan operasi dan produksi.

PHR kata Gede, akan terus mendorong pekerja untuk terus berinovasi dengan pendekatan teknologi di WK Rokan.  Transformasi digital memperkuat psosi PHR sebagai salah satu perusahaan migas yang unggul dalam teknologi surface maupun subsurface.  

"Ini merupakan salah satu implementasi tata nilai AKHLAK dari para pekerja di WK Rokan. Dengan berkolaborasi antar fungsi, kami mampu melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mendukung  upaya ketahanan energi nasional," ujarnya.  

Solusi inovatif yang dihadirkan oleh PHR dinilai dewan juri sebagai solusi yang paling kreatif, inovatif, dan memiliki potensi dampak yang signifikan terhadap industri hulu migas.

"Atas pencapaian ini kami apresiasi upaya inovatif yang telah dilakukan oleh PHR sebagai KKKS yang terdepan dalam penerapan teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning di industri hulu migas di Indonesia. Semoga upaya ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan agar selalu unggul, kompetitif dan inspiratif sehingga akan terus melahirkan terobosan-terobosan inovasi digital terbaru berbasis data science untuk menjawab tantangan operasional dalam meningkatkan produksi dan efisiensi, " kata salah satu dewan juri Dr.-Ing. Mohamad Fauzan Amir.

Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024 merupakan salah satu upaya SKK Migas untuk mendorong transformasi digital di industri hulu migas. Kompetisi ini diikuti oleh 36 tim dari berbagai KKKS dibawah naungan SKK Migas. Peserta ditantang untuk mengembangkan Solusi inovatif yang memanfaatkan AI dan ML untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam operasi hulu migas.

"Selamat buat tim PHR yang terus berinovasi memberikan solusi melalui digitalisasi memanfaatkan AI dan ML dalam kompetisi Digital Hackathon hulu migas tahun 2024. Semoga tetap terus berinovasi dan menjadi _benchmark_ yang baik untuk KKKS lain, " kata  Kepala Divisi Produksi dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas Bambang Prayoga.***



 
Berita Lainnya :
  • PHR Borong Juara Kompetisi Digital Hackathon SKK Migas 2024
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica