www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Melalui Program Bank Sampah, Dosen Unilak Bantu Warga Pekanbaru
Jumat, 04-06-2021 - 09:46:05 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Dosen Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, melakukan Pengabdian di Kelurahan Umban Sari, Kecamatan Rumbai. Pengabdian dalam rangka wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat.

Pada pengabdian ini Dosen Unilak menggandeng LPPM Unilak untuk membantu masyarakat lewat program bank sampah, sementara materi hukum bisnis dilakukan oleh dosen fakultas Hukum yaitu Dr. Yeni Triana, Devie Rachmat, dan Yella Natasha.

Pengabdian dosen Fakultas Hukum juga menggandeng tim LPPM Unilak, yang diwakili oleh sekretaris LPPM Dr. Jeni Wardi. Mengangkat tema sinergi bank sampah Unilak dengan Warung tradisional terhadap limbah sampah dalam perspektif hukum bisnis di wilayah Argopuro kelurahan Umban Sari.

Kegiatan di gelar di aula Kantor Lurah Umban Sari Rumbai, Pekanbaru. LPPM Unilak telah berpengalaman membina bank sampah di berbagai daerah di Riau, pada Rabu(2/06/2021).

Selama pengabdian warga tampak antusias mendengarkan penjelasan tentang Hukum bisnis dan peluang menambah pendapatan dari bisnis pengelolaan sampah.

Menurut sekretaris LPPM Unilak Dr. Jeni Wardi, bahwa saat ini di Unilak telah memiliki bank sampah dan masyarakat sekitar kampus bisa mengirimkan.

"Bank sampah Unilak operasional dari jam 10-15.00 dan siap untuk melayani dan menimbang sampah sampah dari masyarakat Umban Sari," katanya, Kamis (3/6/2021) melalui keterangan resmi.

Dijelaskan Dr Jeni Wardi, LPPM sudah membina bank sampah di beberapa daerah di Riau, dan saat ini Unilak berdiri bank sampah yang bisa menampung sampah sampah dari mayarakat, akan diolah menjadi produk produk ekonomis, dan masyarakat mendapatkan pendapatan tambahan.

"Ini harus kita kampanyekan dengan masif, agar terus berkelanjutan, dan ternyata di kelurahan Umban Sari belum memiliki bank sampah," jelasnya.

Sementara itu, Dr Yeni saat ditemui mengatakan kami bersinergi dengan LPPM karena materi pengabdian ini ada unsur pemerintah, akademisi, dan perusahaan yang mensuport sehingga ini menjadi berdaya guna.

"Sampah sampah yang tadinya limbah bisa menjadi bisnis artinya berdaya guna. Materi Hukum disampaikan supaya jangan melanggar aturan-aturan itu, bisnisnya tentu mendapatkan keuntungan jadi tidak melanggar ketentuan, makanya kita bersinergi," ujarnya.

Sementara itu, Abdurrahman Siregar salah satu peserta mengatakan ini potensi bagus, selama ini tidak ada tempat bank sampah di Umban Sari.

"Kalau nantinya ada bank sampah di sini,  tentu kita kirim kesana, dan sudah tentu akan dapat untung, sebenarnya jika ada bank sampah di Umban Sari kami siap mendukung yang penting ada infrastrukturnya," tandasnya.

Apa yang dilakukan dosen Unilak ini bagus sekali ini menambah pengetahuan, pengelaman sehingga bisa menambah pendapatan, yang terpenting konsisten, ujar Abdurahman yang bekerja sebagai pedagang.

Kegiatan pengabdian berlangsung selama dua jam dan diisi sesi tanya jawab. Kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan, setiap narasumber dan warga wajib menggunakan masker dan duduk berjarak. Kegiatan juga melibatkan mahasiswa Generasi Baru Indonesia (Genbi) yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia.***



 
Berita Lainnya :
  • Melalui Program Bank Sampah, Dosen Unilak Bantu Warga Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica