www.beritaintermezo.com
08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023
Kado Terindah di HUT Rohul Ke-22, Penghasilan Petani di Kota Lama Tembus 12 juta Saat Pandemi
Rabu, 13-10-2021 - 20:54:50 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com) - Akibat dampak pandemi Covid-19, penghasilan masyarakat mengalami penurunan yang signifikan. Namun, berbeda dengan petani kelapa sawit yang bernaung dalam program Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) PT Ekadura Indonesia (EDI). Petani yang juga menjadi anggota KSU Sumber Rezeki mampu mendapatkan penghasilan sebesar Rp12 juta pada bulan Agustus kemarin.
 
Menurut Wahyu Andri Prasetya, Asisten KKPA PT EDI, pada tahun ini penghasilan petani mengalami kenaikan. "Bahkan, sejak bulan Mei, pendapatan petani sudah mencapai 9 juta per kavling dan terus naik sampai dengan bulan Agustus," ungkapnya.
 
Selain karena adanya kenaikan harga jual TBS yang tinggi saat ini, pendapatan petani juga meningkat karena pengelolaan kebun KKPA yang dikerjaan oleh  PT EDI telah memiliki standar yang bagus.
 
"Pengelolaan KKPA dalam usaha Budidaya perkebunan di kelola oleh PT Ekadura Indonesia yg menerapkan Pola Perawatan, pemupukan sesuai dengan Pengelolaan Kebun Sawit berdasarkan Standart Umur Tanaman dan Kondisi Lahan KKPA," ungkapnya.
 
PT EDI selaku operator pengelola kebun KKPA juga menjamin terpenuhinya tenaga kerja yang kompeten. Menurut Wahyu, seluruh karyawan yang mengerjakan kebun KKPA, baik tenaga kerja panen, rawat, pengawas, sampai dengan staff memiliki kompetensi yang baik. "PT EDI, memfasilitas seluruh tenaga kerja agar memiliki kompetensi agar pengelolaan kebun KKPA menjadi lebih baik," ungkapnya.
 
Selain itu kondisi sosial, fasilitas dan sarana serta prasarana karyawan juga menjadi perhatian manajemen PT EDI. Hasilnya, produktifitas rata-rata pekerja tinggi yakni memanen 2 ton / pekerja.

"Produktivitasnya bahkan melebihi produktivitas pemanen yang bekerja pada kebun inti PT EDI," tambah Wahyu.
 
Produksi rata-rata kavilng petani menjadi 2 ton per hektar per bulan atua 4 ton per kavling.

"Dengan demikian, petani mampu mendapatkan penghasilan yang lebih baik," ungkapnya.

Wahyu juga berharap agar harga TBS terus baik sehingga sejalan dengan produktivitas yang baik pula. "Semoga petani kelapa sawit KKPA PT EDI terus produktif dan sejahtera," ujarnya.  
 
Dampak peningkatan pendapatan petani di Kota Lama Khususnya dan umumnya di Rokan Hulu merupakan kado terindah dalam HUT Rokan Hulu yang ke-22 tahun 2021. Semoga dengan meningkatnya harga sawit dan pendapat petani, masyarakat petani di Rokan Hulu semakin maju. Selamat HUT Kabpaten Rokan Hulu ke 22, Tutupnya. (Joh)



 
Berita Lainnya :
  • Kado Terindah di HUT Rohul Ke-22, Penghasilan Petani di Kota Lama Tembus 12 juta Saat Pandemi
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica