www.beritaintermezo.com
14:02 WIB - Polres Pelalawan Ungkap Tiga Kasus Pelecehan Seksual Korbannya Anak di Bawah Umur | 11:18 WIB - UKT Diturunkan Jadi Rp 1 Juta, Siti Aisyah Pilih Kuliah di UPP Agar Bisa Dekat Ayah | 10:24 WIB - Lantik Risnandar Mahiwa Sebagai Pj Wako Pekanbaru, Ini Lima Pesan Pj Gubri | 10:12 WIB - Menyebar Fitnah, Abdul Hamid Laporkan Karel Z ke Polda Riau | 09:59 WIB - Sah, Riau Ditetapkan Tuan Rumah HPN 2025, Diharapkan Lebih Melibatkan Generasi Muda | 19:55 WIB - Pansus III DPRD Meranti Gelar Uji Publik Ranperda Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan UMKM
Disaksikan Menko Polhukam,
Plt. Bupati Asmar Tandatangani Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik
Kamis, 18-05-2023 - 08:03:05 WIB

TERKAIT:
   
 

KAMPAR (Beritaintermezo.com)-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti Febriady, S.Si, Apt, menghadiri Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), yang digelar Komisi Informasi Pusat, di Hotel Labersa Kabupaten Kampar, Rabu (17/5/2023)

Acara tersebut, di hadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia, Mahfud MD sekaligus Duta Keterbukaan Informasi Publik, Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Donny Yoegiantoro, Plh. Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution, serta para Bupati/Walikota se-Riau.

Peringatan HAKIN tahun ini mengusung tema "Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif".

Mahfud MD, dalam sambutannya menjelaskan sebagai Menko Polhukam dan selaku Duta Keterbukaan Informasi Publik dia ingin menyampaikan dukungan dan akan ikut bekerja sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya agar penetapan 30 April sebagai hari Keterbukaan Informasi segera dituangkan di dalam keputusan Presiden.

"Saya mencatat Komisi Informasi Pusat bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini tengah mengajukan permohonan izin prakarsa kepada Bapak Presiden (terkait penetapan Hari Keterbukaan Informasi)," ucapnya.

Mahfud MD menerangkan, peringatan HAKIN merupakan momen penting dalam menghargai nilai-nilai demokrasi dan transparansi di dalam tata kelola pemerintahan.

Oleh karena itu menurutnya, HAKIN ini memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk merefleksikan pentingnya keterbukaan informasi dan untuk menghargai setiap upaya yang telah dilakukan dalam memberikan akses informasi bagi masyarakat.

"Keterbukaan informasi adalah salah satu pondasi bagi demokrasi yang sehat, yang memungkinkan partisipasi publik yang lebih luas di dalam pengambilan keputusan dan memastikan bahwa pemerintah bertanggung jawab kepada rakyatnya," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, bersama para bupati / walikota se-Riau, disaksikan Menko Polhukam, Komisi Informasi RI,  menandatangani komitmen bersama Keterbukaan Informasi Publik.

"Keterbukaan informasi publik menjadi peluang masyarakat untuk meningkatkan peran sertanya dalam penyelenggaraan negara, komitmen ini menjadi penting, agar masyarakat kita mendapatkan informasi yang lebih baik," tutur Asmar.

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Meranti, Febriady menjelaskan, sesuai amanat UU No.14 Tahun 2008, Keterbukaan informasi publik adalah salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat.

"Komitmen ini, merupakan wujud implementasi UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Kominfotik Kepulauan Meranti, sesuai tugas dan fungsinya, siap mendukung penuh dan mengawal keterbukaan informasi publik di daerah," jelasnya.

Ia menambahkan, Pengelolaan informasi publik yang baik pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Informasi publik yang ditutup-tutupi justru akan dibuka sendiri oleh kecanggihan teknologi saat ini, yang nantinya akan menjadi bumerang bagi kita sendiri," pungkasnya.(Karim)



 
Berita Lainnya :
  • Plt. Bupati Asmar Tandatangani Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica