www.beritaintermezo.com
12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers | 01:27 WIB - Pilkada Serentak 2024, PDIP Pelalawan Buka Penjaringan Hanya Untuk Cawabup
12 Ribu Masyarakat Miskin Karimun Peserta JKN Dari Pemda
Sabtu, 19-01-2019 - 06:56:12 WIB

TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan anggaran pelayanan kesehatan melalui program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada 12 ribu jiwa warga miskin dalam APBD Karimun tahun anggaran 2019.

"Tahun ini kita telah menyiapkan anggaran bagi 12 ribu jiwa warga miskin agar diberi pelayanan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Biaya itu sudah kita alokasikan dalam APBD Karimun 2019 ini," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, belum lama ini.

Rachmadi berharap, mudah-mudahan anggaran pelayanan kesehatan yang diajukan pada tahun anggaran 2018 ini bisa mengakomodir untuk melayani kesehatan masyarakat melalui program JKN, jika masih kurang maka pihaknya akan mengusulkan pada anggaran perubahan 2019.  

Kata Rachmadi, sebelumnya Dinas Kesehatan mengusulkan jumlah warga miskin penerima program JKN itu sebanyak 20 ribu jiwa. Namun, yang disetujui baru 12 ribu jiwa. Bahkan, angka 12 ribu jiwa itu juga harus menunggu pengesahan dari Dinas Sosial sebelum didaftarkan ke BPJS Kesehatan.

Menurut dia, jika dibandingkan usulan 20 ribu jiwa warga miskin yang masuk dalam program PBI JKN dan yang disetujui hanya 12 ribu jiwa, maka terdapat selisih warga miskin sekitar 8 ribu jiwa. Pihaknya berharap, selisih warga miskin tersebut bisa ditanggung oleh pemerintah pusat.

Dijelaskan, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program Pemerintah Pusat sebagai pengganti program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) maupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Setiap warga tidak mampu yang tercatat dalam program JKN akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan yang iurannya ditanggung oleh pemerintah.

"Setelah adanya program PBI JKN ini, maka mulai tahun ini Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sudah tidak berlaku lagi. Namun, sebagai gantinya pemerintah sudah membuat program PBI JKN. Dia berharap, semua masyarakat Karimun bisa memanfaatkan program tersebut sebaik-baiknya," pungkas Rachmadi.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Syahruddin menyatakan, terhitung sejak awal Januari 2019, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sudah tidak berlaku. Pihaknya menyarankan kepada masyarakat miskin agar senantiasa menjaga kesehatan.

Untuk Kabupaten Karimun, tercatat ada 48.937 jiwa masyarakat miskin di awal 2019. Data tersebut sudah disampaikan ke pusat. Pihaknya tidak mengetahui program yang tengah dijalankan oleh Dinas Kesehatan untuk memberi pelayanan kesehatan bagi warga miskin, Sebab, Dinsos hanya melakukan pendataan saja.(hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • 12 Ribu Masyarakat Miskin Karimun Peserta JKN Dari Pemda
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica