www.beritaintermezo.com
15:21 WIB - Bupati Nikson Nababan Bangga Taput Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 | 15:13 WIB - Gubri Serahkan Ratusan Wakaf Al-Quran di MAN 1 Pekanbaru | 10:32 WIB - PTPN V Targetkan Integrasi Penuh Digitalisasi E-Plantation 2023 | 20:52 WIB - Terapkan BLUD di Puskesmas, Petugas Sejahtera Masyarakat Sehat | 11:38 WIB - Satpol PP Lakukan Patroli Rutin Dimalam Hari | 14:12 WIB - Lima Tim PTPN V Adu Inovasi Planters Innovation Summit 2022
Proklim Bikin Tanjung Medan Hijau dan Nyaman
Senin, 19-09-2022 - 08:22:31 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Pepohonan menjulang berbaris rapi di Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau sejenak menyambut riang.

Di sudut lain, halimun pagi bergumul di dedaunan warna-warni bunga yang menghiasi tiap rumah di wilayah yang juga merupakan salah satu unit PT Perkebunan Nusantara V itu. Sejuk dan segar menyeruak hidung membuai memori suasana kampung halaman pedesaan.

Pemandangan yang bakal membuat setiap orang yang datang jatuh cinta pada pandangan pertama.

Dua tahun terakhir, Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan, yang juga merupakan salah satu wilayah operasional kebun dan pabrik kelapa sawit PTPN V terus berbenah. Program Bank Sampah awal 2020 telah membawa perubahan bagi pola pikir ratusan warga dan karyawan PTPN V yang bermukim dan bertugas di Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan.

"Program Bank Sampah menjadi cikal bakal karyawan-karyawan kami untuk lebih peduli akan lingkungannya," kata Manajer Tanjung Medan Dedi Sulistiono dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Minggu (18/9/2022).

Program tersebut berlanjut dengan pembuatan pupuk cair alami, penanaman padi, penebaran ikan di sungai, pembangunan sentra hortikultura, hingga proyek gizi yang turut didorong oleh IKBI PTPN V.

Seluruh program tersebut kian gemilang setelah Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir tertarik untuk melakukan monitoring dan memberikan masukan akan konsep hijau yang telah diusung segenap karyawan PTPN V Tanjung Medan.

Dalam sosialisasinya, DLH Rokan Hilir memilih agar PTPN V Unit Tanjung Medan menjadi salah satu perwakilan Rokan Hilir mengikuti Program Kampung Iklim (ProKlim) yang dilaksanakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

"Dari awalnya Bank Sampah dan Proyek Gizi yang menjadi fondasi kegiatan Proklim. Bulan Maret 2022 dilaksanakan Sosialisasi Proklim oleh DLH, hingga diumumkan bahwa Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan terpilih sebagai salah satu dari 413 lokasi se-Indonesia sebagai kandidat proklim utama," ujarnya.

Proklim nyatanya menjadi pemicu semangat tersendiri bagi segenap karyawan PTPN V Tanjung Medan untuk terus menggalakkan  kegiatan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan Iklim seperti proyek gizi dan ketahanan pangan melalui pekarangan dan pengelolaan sampah terintegrasi Bank Sampah.

"Dan saat ini kami tengah melakukan uji coba penanaman padi dengan aplikasi pupuk cair dari limbah PKS, Posyandu untuk PHBS serta pengendalian penyakit terkait Iklim, pemanfaatan energi baru-terbarukan, dan banyak lagi," tuturnya.

Lebih jauh, ia mengakui bahwa keikutsertaan Proklim telah mendorong warga untuk lebih giat dan bersemangat melakukan kegiatan positif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta meningkatkan ketahanan warga terhadap perubahan iklim.

Selain itu, ia menilai Proklim juga selaras dan mendukung Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper).

"Semoga Dusun V Kepenghuluan Perkebunan Tanjung Medan lolos menjadi proklim utama, dapat membina calon lokasi-lokasi proklim lain dan menjadi proklim Lestari," harapnya.***



 
Berita Lainnya :
  • Proklim Bikin Tanjung Medan Hijau dan Nyaman
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica