www.beritaintermezo.com
20:41 WIB - Utamakan Pendidikan STEM di Indonesia, PHR Raih Penghargaan Dari Kemendikbudristek | 13:46 WIB - SF Hariyanto Minta OPD Tingkatkan Capaian SAKIP | 13:03 WIB - Semarak HPN 2024, Sepuluh Grup Randai Hibur Masyarakat Kuansing | 11:30 WIB - Dharma Karya Kencana Perkuat Komitmen Nusalima Medika Cegah Stunting dan Wujudkan KB | 07:53 WIB - Bungkam Inggris, Spanyo Juarai Euro 2024 | 07:34 WIB - Sesuai Janji Bupati, Pemkab Rohil Hadirkan Tower Seluler di Dua Kepenghuluan
Kementerian BUMN Dorong Digitalisasi Perkuat Hilirisasi PTPN IV PalmCo
Rabu, 03-07-2024 - 08:42:49 WIB
Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Faturohman mengapresiasi inovasi digitalisasi berbasis IoT di PTPN IV Regional III baru-baru ini.
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru (Beritaintermezo.com)-Kementerian BUMN mendorong penerapan digitalisasi berbasis internet of things (IoT) di seluruh Regional di bawah Sub Holding PTPN IV PalmCo sebagai bagian dari optimalisasi produksi serta hilirisasi.

Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Faturohman mengatakan bahwa digitalisasi seperti yang diterapkan PTPN IV Regional III yang meliputi sisi on-farm maupun off-farm merupakan masa depan perkebunan kelapa sawit dalam menjawab beragam tantangan di masa mendatang.

"Saya menilai Corporate dashboard yang diterapkan di sini (PTPN IV Regional III) memberikan manfaat besar, terutama dari sisi peningkatan efesiensi serta berpengaruh dalam pengambilan keputusan strategi yang tepat serta real time berdasarkan data yang akurat," kata Fatur saat mengunjungi Corporate Dashboard PTPN IV Regional III didampingi Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa serta Region Head Regional III Rurianto.

Corporate dashboard merupakan perangkat informasi teknologi terintegrasi yang tersambung pada seluruh operasional perusahaan untuk selanjutnya ditampilkan melalui monitor ukuran besar di Region Office PTPN IV Regional III. Corporate Dashboard tersebut secara efektif telah dimanfaatkan perusahaan sejak empat tahun terakhir dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam semangat transformasi sejak perusahaan itu bernama PTPN V.

Fatur mengakui bukan hal yang mudah untuk mentransformasi perusahaan yang memiliki ribuan karyawan serta budaya konservatif yang melekat selama puluhan tahun serta menjalankan unit bisnis yang menyebar di berbagai wilayah di Bumi Lancang Kuning.

Namun, melalui pendekatan digitalisasi yang sejalan dengan penguatan sistem manajemen yang tepat, perusahaan mampu melakukan perubahan begitu masif sebagai akselerator transformasi. Peta jalan digital yang disusun sejak empat tahun lalu juga terus berjalan secara berkesinambungan hingga membawa perusahaan memasuki era industri 4.0.

Untuk itu, ia menilai bahwa keberhasilan penerapan digitalisasi tersebut dapat menjadi pilot project untuk diterapkan ke seluruh regional di bawah PTPN IV PalmCo, salah satu Sub Holding dari Perkebunan Nusantara III (Persero) yang mengelola perkebunan kelapa sawit terluas di dunia.

"Saya kira ini sangat luar biasa. Apa yang sudah disajikan oleh tim PTPN IV Regional III ini sangat penting dan bisa diduplikasi serta replikasi ke region lain. Sehingga apa yang diharapkan dari program digitalisasi di semua PTPN, terutama di bawah kendali PalmCo bisa diaplikasikan di kebun-kebun seluruh bisnis unit PalmCo," harapnya.

"Sebagai perusahaan milik negara, PTPN terbukti advance dalam mengoptimalkan produksi melalui implementasi digitalisasi, mekanisasi, serta pendekatan dekarbonisasi yang efektif dan efesien, disamping tentu juga perlu terus menerus menjaga integritas," lanjut dia.

PTPN IV Regional III sendiri saat ini telah dalam fase terakhir penerapan Integrasi E-Plantation. Integrasi itu meliputi Dashboard Berbasis Web GIS fase II, computerized maintenance management system, partial integration SAP dan digitalized inititiaves lainnya.Penerapan transformasi digital merupakan keharusan sebagai upaya menambah kapasitas sumber daya manusia, meningkatkan efektivitas pengawasan dan evaluasi, serta efektifitas pengambilan keputusan.

Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa menjelaskan bahwa saat ini digitalisasi menjadi bagian penting dalam operasional setiap regional perusahaan, meski dia menyebut tetap terdapat sejumlah tantangan, terutama dari sisi pemerataan sumber daya manusia yang harus diselesaikan.

"Kita selalu berupaya menjadikan program dan inovasi yang sukses di satu regional sebagai pilot project untuk diterapkan dan disesuaikan di regional lainnya. Termasuk digitalisasi, dekarbonisasi, juga sawit rakyat yang berhasil diterapkan di Regional III ini," tuturnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa PTPN IV Regional III menempatkan digitalisasi sebagai akselerator. Sejak 2019 lalu, peta jalan digital yang disusun dilaksanakan secara berkesinambungan.

"Sampai saat ini, PTPN V dalam fase integrasi penuh digital melalui program E-Plantation dan ditargetkan rampung 2024 mendatang," paparnya.

Hasilnya, perusahaan mampu meningkatkan kinerja secara signifikan yang dibuktikan dengan peningkatan efesiensi serta berhasil mencatatkan kinerja finansial tertinggi sepanjang sejarah selama tiga tahun berturut-turut.

Selanjutnya, berdasarkan penilaian INDI 4.0 (Indonesia Industry 4.0 Readiness Index) yang dilaksanakan Kementerian BUMN, PalmCo Regional 3 menjadi salah satu perusahaan kluster Perkebunan dengan kesiapan matang menuju digitalisasi era industri 4.0.

Sejumlah inovasi IoT yang dihasilkan perusahaan menjadi acuan bagi berbagai anak perusahaan Holding Perkebunan seperti Millena (Mill Excelence Indicator) atau pemantau operasional pabrik berbasis sensorik, Intank Control atau pemantau penyimpanan crude palm oil (CPO) di tangki simpan secara real time.

Selanjutnya, PalmCo juga memiliki Fleet Management sebagai alat untuk pelacak angkutan CPO dari pabrik menuju pelabuhan, FOSS Nir yang merupakan IoT untuk pemeriksaan kualitas CPO dan memantau kehilangan secara cepat. Kemudian terdapat Suplesi DAN, Autotec, serta terakhir Nusaklim yang merupakan pemantau cuaca di perkebunan secara tepat waktu.

"PalmCo telah memiliki pondasi yang sangat kuat. Insya Allah tugas kita adalah memastikan seluruh peta jalan yang telah ditetapkan berjalan sesuai waktunya," demikian Jatmiko.***



 
Berita Lainnya :
  • Kementerian BUMN Dorong Digitalisasi Perkuat Hilirisasi PTPN IV PalmCo
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica