www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
KKN Balek Kampung Mahasiswa UNRI di Labuh Baru Barat, Sosialisasikan Prokes dan Hijaukan Lingkungan
Sabtu, 01-05-2021 - 13:25:55 WIB

TERKAIT:
   
 

Pekanbaru-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan  bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melalui pendekatan  lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. KKN Universitas Riau biasanya dilaksanakan selam satu atau dua bulan. Namun, karena situasi masa pandemi covid-19, KKN tahun ini  ini  hanya dilaksanakan 40 hari.

KKN Ktahun ini  terbagi menjadi dua yaitu Kuliah Kerja Nyata "Balek Kampung" dan Kuliah Kerja Nyata "Integritas".  Salah satu Kelompok mahasiswa Universitas Riau yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balek Kampung di Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. 

Pada KKN tersebut, Kelompok Mahasiswa yang terdiri dari Ade Ratama Lumban Gaol,  Atika Friska Lumban Gaol, Krasten Hard Sinaga, Eka Juliarnita Laoli, Rina Marta Pangaribuan, Muhammad Ahlunazah, Ahmad Fadil,  Seliana Putri,  Delvi dan Nurasiyah melaksanakan dengan Tiga Tema diantaranya New Normal, Literasi, dan Unggulan.


Tema "New Normal" merupakan kegiatan yang mendukung  kebersihan dan kesehatan serta ketahanan pangan. Dalam pelaksanaan tema New Normal ini, kelompok Mahasiswa KKN melakukan beberapa kegiatan yaitu Pembagian Masker di Pasar Sepakat Jl Sepakat yang dilaksanakan pada  hari Senin Tanggal 22 Maret 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat untuk  selalu memakai masker ketika bepergian dan keluar rumah. Hal itu dalam upaya pencegahan  penularan Covid-19. Kegiatan ini berlangsung lancar dan disambut hangat masyarakat dan dukungan pemerintah setempat yaitu keluarahan.

Kegiatan KKN selanjutnya,  Mahasiswa melaksanakan penanaman pohon di halaman kantor kelurahan Labuh Baru Barat. Kegiatan ini dilakukan selain memperindah kantor Kelurahan, tujuan utamanya untuk menambah kesejukan dan penghijauan lingkungan Kelurahan yang saat ini masih kurang pepohonan. Dua kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendukung  tema New Normal. Selain pada pembagian masker dan penghijauan, kegiatan KKN Mahasiswa di Labuh Barat itu juga melakukan pembagian Takjil kepada masyrakat yang menjalankan ibadah puasa dengan taerget yang melintas di Jalan Dharma Bhakti, Pedagang di Pinggir Jalan dan masyrakat lainnya. Kegiatan ini berjalan lancar, masyarakat juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa.


Kegiatan New Normal untuk penghijauan, mahasiswa KKN  juga melaksanakan penanaman pohon kehidupan yaitu  pohon sirsak disalah satu sekolah SMA Plus Bina Bangsa Pekanbaru, Keluarahan Labuh Baru Barat, ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 April 2021. Kegiatan yang sama yaitu penanaman pohon juga dilakukan di Gereja HKBP Exaudi Ressort Sukajadi Pada hari Rabu tanggal 28 April 2021. Tujuan dari penanaman pohon tersebut  untuk  meningkatkankan kepedulian berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi dampak pemanasan global.

Selanjutnya pada Tema Literasi, Kelompok KKN Mahasiswa UNRI melaksanakan kegiatan yang berkaitan berkaitan dengan pendidikan. Kegiatan dari tema literasi ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 26 Maret 2021. Pada hari tersebut dilakukan dua kegiatan dengan membagi dua tim Kelompok KKN. Tim pertama untuk kelapangan  melakukan kegiatan mengajar muris PAUD GROW EDUCATION. Ini bertujuan untuk membantu inovasi pembelajaran. Namun sebelumnya, kegiatan tersebut telah mendapat izin dari pihak sekolah.


Dalam kegiatan mengajar ini, mahasiswa disertai dengan games yang membuat anak-anak senang sangat antusias. Sehingga anak-anak Paud dapat menerima pembelajaran dengan baik dari mahasiswa KKN.

Sedangkan untuk Tim Dua melaksanakan webinar seputar perkuliahan. Target dari webinar ini adalah anak Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya untuk membantu anak SMA mengenal sistem perjkuliahan, jurusan yang ada diperkuliahan, dan perbedaan antara SMA dan kuliah. Dengan adanya webinar ini, adik-adik SMA bisa mempersiapkan lebih matang menuju perkuliahan.

Terakhir pada tema Unggulan yaitu Kegiatan dan program untuk  mendukung infrastruktur. Kegiatan dari tema ini ada 2 kegiatan yaitu  pembuatan monografi Kelurahan Labuh Baru Barat yang berupa penginputan jumlah penduduk, jumlah Kepala Keluarga, jumlah Rukun Tetangga (RT), jumlah Rukun Warga (RW) dan lainnya  dilaksanakan pada hari Selasa taggal 23 Maret 2021.


Dilanjutkan langsung pembuatan video wawancara mengenai seputar Kelurahan Labuh Baru Barat bersama sekretaris kelurahan Mariah, S.IP. Kegiatan ini bertujuan untuk mengambil data dari Kelurahan Labuh Baru Barat dan mengenal lebih jauh Kelurahan Labuh Baru Barat.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 April 2021 yaitu melakukan pengecatan papan petunjuk arah kantor Kelurahan  Labuh Baru Barat. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengetahui kantor Kelurahan. Papan petunjuk sebelumnya telah pudar warna yang tidak bisa menunjukkan arah dan tulisan dengan terang sehingga sulit untuk dibaca.

Selama kegiatan ini, masyarakat menyambut baik apa yang dilakukan KKN Mahasiswa UNRI. Pihak pemerintah setempat yaitu kelurahan juga mengharapkan kegiatan KKN mahasiswa UNRI ini dapat membantu masyarakat.***







 
Berita Lainnya :
  • KKN Balek Kampung Mahasiswa UNRI di Labuh Baru Barat, Sosialisasikan Prokes dan Hijaukan Lingkungan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica